Cegah Sebaran Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Penumpang dan Awak Kapal Internasional - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Cegah Sebaran Virus Corona, Pelindo 1  Periksa Penumpang dan Awak Kapal Internasional

Cegah Sebaran Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Penumpang dan Awak Kapal Internasional

Share This
Medan ( wartalogistik.com) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona (Novel Coronavirus - 2019 - nCov) ke Indonesia dengan melakukan pemeriksaan pada penumpang dan awak kapal yang masuk di sejumlah pelabuhan cabang yang melayani kapal internasional.

Pelindo 1 memiliki terminal penumpang internasional  di Tanjungpinang dan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Ada juga di Dumai, Riau. Dan Tanjung Balai Asahan yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Di sejumlah terminal penumpang internasional itu, penumpangnya berasal dari Singapura dan Malaysia (Johor, Selat Panjang, dan Port Klang).

Sementara itu pelabuhan yang melayani cargo impor yaitu Pelabuhan Belawan, Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Perawang, Sei Kolak Kijang, Dumai, dan Lhokseumawe dengan negara asal cargo (impor) pada umumnya berasal dari negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India, dan China.

VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menerangkan bahwa seluruh cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo 1 telah berkoordinasi secara intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan/Dinas Kesehatan setempat, untuk melakukan pemeriksaan bersama kepada penumpang embarkasi dan debarkasi di masing-masing cabang pelabuhan.

 Di beberapa areal terminal penumpang Pelindo 1 telah dipasang alat thermal scanner untuk pendeteksi suhu tubuh sebagai antisipasi penyebaran virus corona, seperti di Terminal Penumpang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, dan Dumai.

“Pemeriksaan kesehatan dilakuan oleh petugas petugas KKP sebelum kegiatan bongkar muat di laksanakan. Sedangkan bagi penumpang dimulai dari  pintu masuk dan keluar,,” jelas Fiona Sari Utami.

Lebih jauh Fiona mengatakan,  kegiatan pemeriksaan kesehatan pada awak kapal dan penumpang tidak saja dilakukan pada saat isu virus corona mewabah, namun dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di pelabuhan.
Sejumlah instansi yang terkait dengan kegiatan pemeriksaan khusus antisipasi wabah virus corona ini meliputi Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta instansi terkait lainnya .

(Hj. Zulidarni Suratman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here