Erick Thohir : Bakauheni Harbour City Jadi Tumpuan Pariwisata Lampung, Pembangunannya Terus Berlangsung - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Erick Thohir :  Bakauheni Harbour  City Jadi Tumpuan Pariwisata Lampung, Pembangunannya Terus  Berlangsung

Erick Thohir : Bakauheni Harbour City Jadi Tumpuan Pariwisata Lampung, Pembangunannya Terus Berlangsung

Share This



Bakauheni ( wartalogistik.com) --- Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Bakauheni Harbour City (BHC)  akan menjadi tumpuan pariwisata lokal di Provinsi Lampung. 


Hal ini disampaikan Menteri Erick dalam kunjungan kerjanya di Lampung, pada Sabtu (15/10). 


Menteri Erick mengatakan, pascapandemi Covid-19 Pemerintah terus menjaga pertumbuhan ekonomi negeri dengan tetap memastikan keberlanjutan investasi proyek pembangunan infrastruktur di Tanah Air, termasuk sektor pariwisata. 


"Saya melihat proyek Bakauheni Harbour City ini potensi pariwisata yang luar biasa. Apalagi, dengan tersambungnya jalan tol Trans Sumatera mobilitas masyarakat akan terus meningkat. Saya apresiasi juga kepada manajemen ASDP yang telah membangun sistem e-ticketing, sehingga kini pengguna ferry tidak perlu antri lagi saat membeli tiket untuk menyeberang dari Jawa ke Sumatera. Bahkan, dengan berlakunya sistem reservasi tiket online Ferizy, masyarakat bisa mengatur perjalanannya," tutur Menteri Erick. 


Ia mengungkapkan, proyek BHC memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan dan dapat menjadi pariwisata lokal andalan di Lampung. Menurutnya, Pemerintah telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana lebih dari Rp 500 miliar untuk pembangunan pariwisata Lampung, termasuk dengan pembangunan infrastruktur dasar jalan dan air bersih. 


"Sebelum Covid-19, kontribusi terbesar pariwisata lokal mencapai 78 persen, sedangkan asing hanya 22 persen. Jadi, sudah seharusnya kita menggenjot investasi wisata lokal. BHC ini sudah tepat titiknya, diantara Sumatera dan Jawa. Saya berharap, kita dapat bersinergi bersama-sama dalam proyek ini, baik pemerintah pusat, daerah, dan BUMN," tuturnya. 


Ia menyebutkan, untuk pembangunan tahap awal ASDP bersama dengan Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN akan mendukung proyek BHC melalui pembangunan Mesjid Raya, Creative Hub dan UMKM Center, serta revitalisasi Taman Budaya Siger dengan nilai investasi awal sebesar Rp 45 miliar. Adapun proyek theme park Krakatau Park ditargetkan dapat dibangun pertengahan tahun depan dan rampung di akhir tahun 2022. 


"Saya meyakini, kehadiran Mesjid Raya, Creative Hub, UMKM Center dan taman budaya ini nanti tidak hanya menjadi mercusuar peradaban, tetapi juga penggerak perekonomian masyarakat setempat. Dengan hadirnya BUMN di Lampung, kami harapkan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga baik," ujarnya. 



Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan Jika melihat data penyeberangan ASDP, dari total 49 juta yang dilayani di seluruh Indonesia, lintasan Merak-Bakauheni sendiri berkontibusi sebesar 42,2 persen atau sekitar 20,7 juta penumpang yang menyeberangi Jawa-Sumatera setiap tahunnya. 


"Sehingga, ada potensi yang sangat besar disini, utamanya dalam pengembangan Bakauheni Harbour City ini. 


Bakauheni dikelilingi ragam obyek wisata mulai dari sejarah, alam dan pariwisata minat khusus," ujarnya. 


Proyek Game Changer ASDP seluas 214 Ha yang melibatkan kolaborasi bersama Pemprov Lampung, dan PT Hutama Karya ini tengah menyelesaikan beberapa milestone diantaranya Penetapan Status Kawasan sebagai Proyek Strategis Nasional, pembentukan perusahaan pengelola kawasan, finalisasi detail masterplan, serta perencanaan pengembangan infrastruktur kawasan. 


Pada pengembangan tahap pertama kawasan yang berada di lahan ASDP telah direncanakan pembangunan Masjid Bakauheni yang dapat menampung lebih dari 2000 jamaah, pembangunan Creative Hub dan UMKM Center, dan Revitalisasi Taman Budaya Menara Siger senilai Rp 45 miliar. Adapun ground breaking tahap pertama ditargetkan pada minggu ketiga Oktober 2021. 

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here