Warga RW 08 Papanggo Meriahkan Pergantian Tahun Baru 1444 H dengan Pawai Obor - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Warga RW 08 Papanggo Meriahkan  Pergantian Tahun Baru 1444 H dengan Pawai Obor

Warga RW 08 Papanggo Meriahkan Pergantian Tahun Baru 1444 H dengan Pawai Obor

Share This



Jakarta ( wartalogistik.com) - Peringatan memasuki  Tahun Baru Hijriah 1444  H berlangsung di berbagai tempat. Termasuk diperingati muslim di kawasan Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat malam ( 30/7) dengan kegiatan pawai obor oleh sekitar 2000 anak, remaja, dewasa dan orang tua.


Peserta berasal dari dua masjid, Masjid Miftahul Huda dan   Nurul  Jamaal,  kolaborasi sejumlah mushola serta berbagai majelis ta'lim di lingkungan setempat. Pawai obor melintasi kawasan pemukiman Kelurahan Papanggo dan Kelurahan Warakas.


Ketua RW 08 Kelurahan Papanggo, Ujang Abdul Muthalib menyatakan kegiatan pawai obor berlangsung setiap pergantian tahun baru Islam. Kegiatan ini merupakan pesta rakyat sekaligus syiar Islam. Selain itu juga dalam rangka memperingati perjalanan hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah yang waktu itu dalam keadaan sunyi.


" Penggunaan obor sebagai simbul penerang, dengan makna peristiwa hijrah menjadi momentum menerangi umat. Jadi kita pawai untuk menerangi keadaan agar lebih baik, dari yang sedih jadi riang dan dari yang susah ( gundah)  jadi senang," kata Ketua RW 08 Kelurahan Papanggo, Ujang Abdul Motholib, seusai pawai obor.


Manfaat lainnya, tambah Ujang Abdul Mutholib adalah  pawai obor yang dilakukan  setiap tahun baru hijrah akan semakin mendekatkan masyarakat pada kalender hijrah, adanya kebersamaan dalam satu kegiatan dan persatuan. 


Prosesi pawai obor diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia Pawai Obor 1 Muharam 1444 H RW 08 Kelurahan Papanggo,  Suparjo yang menyatakan,  kegiatan pawai obor dilakukan untuk menyemarakan malam pergantian tahun hijriah dan lebih mendekatkan anak-anak dan remaja pada kalender hijrah yang pergantiannya berlangsung saat memasuki bulan Muharam.


" Pawai obor ini sebagai momentum bagi peserta yang anak-anak dan remaja untuk selalu ingat adanya pergantian tahun setiap memasuki bulan Muharam  dan selanjutnya bisa lebih mudah mengenal bulan-bulan hijriah lainnya," kata Suparjo didampingi Ketua DKM Masjid Miftahul Huda, Ismail.


Selain itu juga tambah Suparjo, dengan adanya pawai obor, diharapkan muncul semangat kebersamaan, persaudaraan dan kepedulian sesama warga dan sesama kaum muslimin sebagaimana tema pawai obor di lingkungannya yakni Sambut Tahun Baru 1444 H Dengan Spirit Baru Menguatkan Persaudaraan dan Kepedulian.


Ketua DKM Masjid Miftahul Huda Ismail menyatakan kegiatan berlangsung lancar dan tertib meski jumlahnya mencapai ribuan orang. 


"Sambutan masyarakat sangat baik pada peserta pawai obor, saat melintasi jalan-jalan yang dilaluinya," kata Ismail.


( Abu Bakar)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here