30 Pelaut Ikuti Diklat Pandu Tingkat II - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
30 Pelaut Ikuti Diklat Pandu Tingkat II

30 Pelaut Ikuti Diklat Pandu Tingkat II

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk  pandu, berlangsung kembali. Pada hari Senin (15/10), bertempat di kawasan Bogor, Jawa Barat, berlangsung pembukaan  Diklat Pandu Tingkat II Angkatan XLI Tahun 2018.

Diklat pandu kali ini diikuti 30 peserta  perwakilan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelindo III (Persero), PT. Adhiguna Putra, PT. World Terminalindo, KKKS Phe ONWJ, PT. Pelabuhan Barito Kuala Mandiri, PT. Semen Tonasa dan swadana.

Direktur Kepelabuhanan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, M. Tohir pada sambutan pembukaan diklat mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut   mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga pandu, pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan secara berkesinambungan menyelenggarakan diklat Pandu yang sekaligus memberikan kesempatan bagi para pelaut nautika yang memenuhi persyaratan.

“Pemerintah berharap para pelaut yang memenuhi persyaratan dapat bergabung menjadi pandu,” kata M. Tohir.

Dikatakan juga, profesi pandu bukan saja  membantu keluar masuk kapal dari dan ke pelabuhan, tetapi juga harus mampu membantu menciptakan keselamatan, keamanan berlayar dan perlindungan lingkungan maritim.

"Pada prinsipnya kegiatan pemanduan adalah pemberian bantuan, saran, dan informasi dari para pandu kepada Nakhoda Kapal tentang keadaan perairan setempat agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib dan lancar," tutup Direktur Kepelabuhanan, M. Tohir. (Abu Bakar)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here