Syahbandar Tanjung Priok Harapkan Koperasi Perkasa Berkembang Dengan Kegiatan Usaha - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Syahbandar Tanjung Priok Harapkan Koperasi Perkasa Berkembang Dengan Kegiatan Usaha

Syahbandar Tanjung Priok Harapkan Koperasi Perkasa Berkembang Dengan Kegiatan Usaha

Share This
Jakarta (wartalogistik.com) - Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Amirudin berharap  Koperasi Perkasa Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok bisa berkembang dengan membangun usaha diantaranya usaha yang terkait jasa kemaritiman, selain mengembangkan simpan pinjam yang selama ini berjalan.

"Jika usaha ini berkembang, maka perolehan SHU bagi anggota juga meningkat. Jadi koperasi kita kedepannya harus berkembang dari sebelumnya," kata Amirudin, ketika membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Hotel Ibis Styles Sunter, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (11/4).

Selanjutnya Amirudin juga menyatakan,  untuk mengembangkan koperasi, pengurus dan anggota harus berani melakukan perubahan atas apa yang dilakukan selama ini. 

"Karena hanya orang-orang yang bisa berubah yang akan maju berkembang," tegas Amirudin.

Apa yang diungkapkan Amirudin terkait dengan keadaan Koperasi Perkasa saat ini. Koperasi Perkasa, meski kegiatannya berjalan, namun dalam melangsungkan rapat anggota tidak bisa berlangsung setiap tahun yang merupakan ketentuan koperasi. Selain itu kepengurus selama beberapa waktu tidak ada ketua karena pindah tugas. Pendapatan lebih besar di bidang simpan pinjam.

Atas keadaan itu, Amirudin berharap pengurus yang baru nantinya berisi sumber daya manusia yang mampu  menjalankan kegiatan koperasi dengan mengembangkan usaha.

"Jika pengelolaan koperasi dilakukan dengan baik, sungguh-sungguh  dan saling mendukung antara pengurus dan anggota, maka  koperasi akan berkembang dengan kegiatan usaha," katanya.

Sementara itu Kepala Sudin Koperasi dan UMKM Kota Jakarta Utara, Wahyu Hadi Susilo menyatakan, sangat gembira karena kegiatan RAT Koperasi Perkasa ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan  kinerja usaha koperasi. Hal itu terlihat dari keinginan penyelenggara yang melangsungkan  RAT Tahun buku 2017-2018 yang biasanya di dalam kantor, kini di luar kantor.

“Terlihat ada semangat baru dari laporan Plt Ketua Koperasi Perkasa untuk mengembangkan koperasi lebih baik lagi, ” kata  Wahyu Hadi ketika memberi sambutan.

Selain itu juga Wahyu Hadi menjelaskan konsep mengelola koperasi yang baik sehingga mampu berkembang dibutuhkan tiga pilar, yakni ;  pengurus, keanggotaan dan pembinaan.

"Dari semua koperasi yang berkembang hal itu dimulai dengan saling mendukung dari masing-masing bagian pada  ketiga pilar itu," ungkap Wahyu Hadi.


Sementara itu Plt Ketua Koperasi Perkasa, Sri Rejeki Budi Rahayu  menyatakan, Koperasi Perkasa kedepannya akan dikembangkan karena memilki potensi yang baik. Untuk itu arah kegiatan pengembangannya akan dimulai dari RAT yang saat ini berlangsung.

"Keberadaan koperasi sudah berjalan cukup baik namun belum dapat mengembangkan usaha-usaha lainnya mengingat masih kurangnya ruangan serta sarana dan prasarana yang belum memadai yang berakibat belum dapat memaksimalkan pengembangan usaha," papar Sri Rejeki.

Adapun pada kurun waktu tahun buku 2017-2018 tercatat saldo pinjaman sebesar  Rp. 1.278.809.000 naik sebesar 0,33 %  dari tahun buku sebelumnya yang jumlahnya mencapai Rp 958. 166.000, Untuk pendapatan dari jasa usaha bidang kegiatan jasa maritim tercatat Rp 1.036.277.950 atau naik sebesar 0,14 persen dari tahun 2017 yang jumlahnya sebesar Rp 902.152.100.  Sedangkan padu usaha lainnya juga mengalami kenaikan seperti percetakan, foto copy.

Pada tahun 2018 koperasi juga mulai menjalankan usaha jasa yang baru seperti menjalankan kegiatan usaha jasa service sekoci, jasa kompasseren, pembuatan tanda selar kapal.

Selain laporang pembukuan tahun 2017-2018 Kegiatan RAT juga dilakukan dengan pemilihan Pembina, Ketua dan Pengawas. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here