Jajaran KSOP Kijang Sambut Hari Pelaut Sedunia - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Jajaran KSOP Kijang Sambut Hari Pelaut  Sedunia

Jajaran KSOP Kijang Sambut Hari Pelaut Sedunia

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Hari Pelaut sedunia yang jatuh pada 25 Juni, mendapat sambutan dari berbagai kalangan kemaritiman. Sambutan juga dilakukan jajaran Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Kelas III Kijang yang mengapresiasi setingginya- tingginya kepada para pelaut khususnya pelaut Indonesia dalam mengabdikan diri di dunia maritim.

“Pelaut memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagai penggerak kelancaran perekonomian nasional bahkan dunia,” kata Kepala KSOP Kelas III Kijang, Aan Anwar, MM, M. Mar. E. dalam siaran persnya yang diterima wartalogistik.com, Rabu (26/6).

Dalam penjelasannya, Aan Anwaar menyatakan, profesi pelaut adalah sebuah pekerjaan yang penuh tantangan dan pengorbanan yang besar. Pelaut juga harus rela berpisah dengan keluarga dalam waktu yang relatif lama, ditambah lagi bahaya yangmengancam setiap saat.

“Maka tidaklah berlebihan apabila jerih payah dan pengorbanan para pelaut diapresiasi dengan melakukan perayaan setiap tahunnya,” ungkap Aan Anwar.

Penetapan Hari Pelaut Sedunia (Day Seaferer ) berlangsung pada tanggal 25 Juni 2010 oleh International Maritim Organization (IMO), sebagai salah satu organisasi dibawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang membahas masalah-masalah kemaritiman dan mendorong terbentuknya konvesi kemaritiman, termasuk di dalamnya mengenai kepelautan.

Penetapan ini bertujuan sebagai penghargaan terhadap kontribusi pelaut, yang telah bekerja keras mempertaruhkan nyawa dalam mengarungi lautan, demi menjamin cargo atau penumpang yang dibawanya sampai pada tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pelaut Sedunia ke 9 (Sembilan) kali ini yaitu “I’am On Board With Gender Equality”. Diharapkan setiap pelaut berhak mendapat perlakuan yang sama dan tidak ada lagi diskriminasi perbedaan gender.

“Selamat Hari Pelaut Sedunia... semoga seluruh pelaut di dunia dan terutama pelaut Indonesia dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional guna mewujudkan pelayaran yang aman, selamat, tertib, dan nyaman,” ungkap Aan Anwar.

Dalam menyambut Hari Pelaut Sedunia itu, di Kantor KSOP Kijang juga dipasang spanduk memperingati Hari Pelaut Sedunia.  Jajaran KSOP Kijang pun mendatangi ke sejumlah kapal untuk mensosialisasikan tentang hari pelaut sedunia itu.

(Abu Bakar)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here