KSOP Biak Sambut Pelayaran Perdana Kapal Wisata MV The World Ke Papua - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Biak Sambut Pelayaran Perdana Kapal Wisata MV The World Ke Papua

KSOP Biak Sambut Pelayaran Perdana Kapal Wisata MV The World Ke Papua

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Biak memberikan penyambutan khusus atas kunjungan/pelayaran perdana Kapal Cruise MV. The World dengan GT 43.188 ke tanah Papua melalui Pelabuhan Biak.

"Kami bersama dengan segenap unsur terkait, antara lain CIQP, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata serta TNI, Polri dan stakeholder lainnya mengadakan penyambutan pelayaran perdana kapal pesiar mewah Cruise MV. The World yang bersandar di Dermaga Umum Pelabuhan Biak dengan tarian adat serta pengalungan bunga dan pemberian cindera mata berupa piring gantung khas Papua kepada Nahkoda," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Biak Oktovianus C. Karubaba di Biak Papua, Minggu (19/1).

MV The World salah satu kapal pesiar termewah di dunia  dan disebut “resident at sea” atau apartemen apung dan untuk mendatangkannya ke suatu daerah perlu kerja keras dan tidak semua Pelabuhan mampu disandari kapal ini namun Pelabuhan Biak mampu disandari oleh kapal tersebut.

Kapal ini baru selesai docking di bulan Mei 2019  dan ini perjalanan perdana setelah dock,dan  melakukan perjalanan dengan menyinggahi Biak, Raja Ampat hingga berakhir di Banda Naira Maluku pada tanggal 2 Februari 2020.

Sebelum tiba di Biak, Kapal asal Bahana tersebut bertolak dari Pelabuhan Palau dengan mengangkut 286 orang kru dari 37 Negara dengan jumlah penumpang 195 orang yang berasal dari 19 Negara.

Oktovianus menjelaskan bahwa tujuan dari kunjungan kapal pesiar tersebut antara lain kunjungan wisata ke Pelabuhan Biak, Waisai Raja Ampat Sorong, Banda Neira kepulauan Banda selanjutnya menuju Darwin Australia.

Kapal Cruise MV. The World yang di nakhodai oleh Capt. Dag Harald Zavik memiliki deadweight tonnage sebesar 4.558, Length Over All 196.35 meter, lebar 29.8 meter.

Lebih lanjut, Oktovianus mengatakan seluruh penumpang kapal tersebut turun ke darat untuk melakukan kunjungan ke beberapa lokasi. "Seluruh penumpang turun ke darar mengunjungi beberapa tempat bersejarah, salah satunya Goa Jepang yang ada di Kota Biak, selain itu mereka juga mengunjungi pasar tradisional Darfuar, serta tempat-tempat lainya di sekitar kota Biak," katanya.

 "Selanjutnya Kapal Cruise MV. The World tersebut akan bertolak dari Biak ke Waisai Raja Ampat Sorong," sambungnya.

 Di akhir kesempatan, Oktovianus berharap akan ada kapal wisata lainnya yang akan berkunjung ke kota Biak.

"Kami berharap para wisatawan yang berkunjung ke Kota Biak memiliki kesan yang baik sehingga diharapkan selanjutnya akan ada kapal-kapal wisata lainnya yang akan bersandar di Pelabuhan Biak, sehingga dapat mendorong potensi wisata yang ada disini," tutupnya.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here