KSOP Kepulauan Seribu Serahkan Sertfikat Kepelautan Pada Awak Kapal Tradisional - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Kepulauan Seribu Serahkan Sertfikat Kepelautan Pada Awak Kapal Tradisional

KSOP Kepulauan Seribu Serahkan Sertfikat Kepelautan Pada Awak Kapal Tradisional

Share This


Jakarta (wartalogistik.com) -  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan menyerahkan 185 sertifikat kepelautan berupa  BST (Basic Safety Training) KLM (Kapal Layar Motor), SKK (Sertifikat Keterangan Kecakapan) 30 Mil dan Buku Pelaut KLM kepada  awak kapal tradisional yang telah mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dari tanggal 2-6 Oktober 2019 atas biaya pemerintah di STIP Jakarta. 

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Hanif Kartika Yudha, S.Sos, M.MTr menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan awak kapal di Kantor KSOP Kepulauan Seribu, Kamis (16/1). Bersamaan  itu juga secara serentak dilakukan penyerahan di beberapa pulau lain, antara lain di  Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Sabira.

Pada kegiatan penyerahan sertifikat kepelautan Hanif Kartika Yudha mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berprofesi sebagai awak kapal tradisional untuk memiliki sertifikat kepelautan dalam bekerja di kapal.

“Sertifikat yang telah awak kapal miliki seusai diklat  sebagai bukti legalitas untuk bekerja di atas kapal,” kata Hanif yang didampingi stafnya Wahyu Adi Putranto, ST. SH seusai penyerahan sertifikat kepelautan secara simbolis.

Pada penyerahan itu juga Hanif menghimbau awak kapal yang menerima sertifikat agar menaati aturan-aturan keselamatan pelayaran sesuai UU 17 tahun 2008 tentang pelayaran.

“Selain berkeahlian selama diklat mereka juga diberikan pengetahuan tentang regulasi keselamatan pelayaran. Untuk itu apa-apa yang mereka sudah pelajari untuk diimplementasikan ketika di atas kapal, agar tingkat keselamatan selama berlayar semakin tinggi,” ungkap Hanif.

Selain itu juga Ia berharap, ke depan antara KSOP dan STIP Jakarta dapat semakin bersinergi dalam mendukung program -program Ditjen Perhubungan Laut terkait keselamatan pelayaran.“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari STIP Jakarta khususnya kepada Ketua STIP Jakarta beserta jajarannya, karena dari awal perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan ini, kami selalu mendapatkan dukungan yang luar biasa baik. ,” kata Hanif.

Atas penyerahan sertifikat kepelautan itu, salah seorang awak kapal Taufik Kurahman, yang menjadi awak kapal Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang melayani jalur Muara Angke – Kepulauan Seribu menyatakan rasa senangnya, karena terbantu  untuk memiliki sertifikat tersebut tanpa mengeluarkan biaya.

“Dengan memiliki sertifikat ini, saya merasa lebih tenang dalam melaksanakan aktivitas sebagai ABK kapal dan lebih semangat bekerja untuk menghidupi kebutuhan rumah tangga,” kata Taufik. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here