Personil Kapal Negara PLP Tanjung Priok dan KSOP Tanjung Emas Dilatih Instruktur Berstandar US Coast Guard - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Personil Kapal Negara PLP Tanjung Priok dan KSOP Tanjung Emas Dilatih Instruktur Berstandar US Coast Guard

Personil Kapal Negara PLP Tanjung Priok dan KSOP Tanjung Emas Dilatih Instruktur Berstandar US Coast Guard

Share This

Semarang (wartalogisitk.com) -  Instruktur keselamatan dan keamanan pelayaran bersertifikat US Coast Guard memberikan pelatihan pada personil kapal negara Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok), dan Kantor KSOP Tanjung Emas, Semarang.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung dalam acara Peningkatan  Keterampilan (boarding Officer) di Semarang, Rabu (19/2).

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Elwin Refindo menyatakan pelatihan bagi anggota yang menjalankan tugas patroli di kapal merupakan upaya penguatan dan peningkatan dalam menjalankan tugas sebagai penegakan hukum di Laut.

“Personil KPLP diwajibkan cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim,” kata Elwin Refindo, pada sambutan pembukaan Boarding Ofiicer).

Elwin Refindo, juga menyatakan pengetahuan dan keterampilan khusus dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dan menghadapi ancaman, sebagaimana yang diamanatkan Kementrian Perhubungan melalui Dirjen Hubla adalah menjamin pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Tidak kalah pentingnya kegiatan bersama ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membangun jaringan kerjasama,”ungkap Elwin Refindo.

Pada kegiatan pelatihan juga diberikan materi mengenai  standar operasional prosedur (SOP) pemeriksaan oleh kapal negara kepada kapal-kapal niaga. Disampaikan juga memitagasi resiko yang akan dihadapi sebelum petugas pemeriksaan atau naik ke atas  kapal yang diperiksa serta praktek-praktek dalam menghadapi subjek yang tidak patuh ketika diperiksa.

“Para instruktur menjelaskan semua masalah dan solusi  yang dihadapi petugas kapal patroli dalam rangka memeriksa kapal atau objek yang diperiksa, “ kata Elwin Refindo.

Untuk meningkatkan mutu kegiatan, maka materi pelatihan disampaikan para instruktur yang sudah mendapatkan sertifikat sebagai penegak keselamatan dan keamanan pelayaran dari US Coast Guard.
Junaidi ketika membuka boarding officer itu berharap, para personil yang mendapatkan kegiatan pelatihan menyimak sungguh-sungguh mengingat tantangan ke depannya bagi petugas penegak hukum keselamatan pelayaran sangat besar.

“Jika keahlian dan keterampilan mencukupi maka segala tantangan bisa dihadapi,” tegasnya. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here