Menghadapi Kawasan Wisata Dibuka, KSOP Kepulauan Seribu Langsungkan Orientasi Wilker - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Menghadapi Kawasan Wisata Dibuka, KSOP Kepulauan Seribu Langsungkan Orientasi Wilker

Menghadapi Kawasan Wisata Dibuka, KSOP Kepulauan Seribu Langsungkan Orientasi Wilker

Share This



Jakarta (wartalogistik.com) -  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan orientasi wilayah kerja (wilker) diantaranya memantau kesiapan dermaga, identifikasi titik naik turun penumpang  sebagai bagian dari persiapan angkutan laut menuju masa new normal setelah bencana kesehatan wabah Covid -19

 

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu,  Hanif Kartika Yudha, S.Sos. M.MTr menyatakan, beberapa fokus dan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut antara lain memastikan kesiapan pelabuhan di wilayah kerja setelah beberapa bulan ini beberapa dermaga tidak difungsikan karena sepinya kunjungan kapal akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), identifikasi titik naik turun penumpang, identifikasi kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang, sampai pada mendalami ketersediaan peralatan keselamatan baik di dermaga maupun di kapal.

 

Selanjutnya, Hanif dan jajarannya memantau langsung kondisi keseharian pelaksanaan pelayanan petugas KSOP Kepulauan Seribu yang berada di pulau-pulau tersebut terhadap masyarakat  yang mana setiap awak dan penumpang kapal wajib mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Hubla No 12 Tahun 2020.

 

Selain itu juga mantan Kepala UPP Indramayu itu berinteraksi dengan masyarakat dan operator kapal tradisional untuk mendapatkan masukan sekaligus sosialisasikan keselamatan berlayar dan pembagian alat keselamatan berupa life jaket. Kepada awaka kapal penumpang.

 

 

“Tujuan lainnya memantau kondisi pos pelayanan, mengidentifikasi kebutuhan operasional guna optimalisasi pelayanan, memberikan arahan arahan terhadap petugas yang ditempatkan di pos-pos Kepulauan Seribu, dan membangun komunikasi dengan petugas dari instansi lainnya yang terdapat di Kepulauan Seribu." " ujar Hanif, di Kepulauan Seribu,  Sabtu (20/6)

 

Jjaaran KSOP Kepulauan Seribu dalam melakukan kegiatannta menggunakan kapal patroli kls III KNP. 355 milik KSOP kelas IV Kepulauan Seribu yang diawali dari pulau Untung Jawa dan ke beberapa pulau lain yang merupakan wilayah kerja KSOP kelas IV Kepulauan Seribu.

 

“Kegiatan seperti ini sangat berguna untuk mengumpulkan data guna menyusun strategi terbaik dalam optimalisasi pengamanan angkutan laut menuju masa new normal di wilayah kerja KSOP Kepulauan Seribu," tutup Hanif. (Abu Bakar)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here