Di Pelabuhan Kali Adem, Pengawasan Ketat Penumpang Paham - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Di Pelabuhan Kali Adem, Pengawasan Ketat Penumpang Paham

Di Pelabuhan Kali Adem, Pengawasan Ketat Penumpang Paham

Share This

 




Jakarta (wartalogistik.com) -  Regulator dan operator di pelabuhan penumpang Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara  melakukan pengawasan secara ketat pada kesiapan kapal yang akan berangkat, dan  pada penumpang agar memenuhi ketentuan keselamatan pelayaran dan protokol kesehatan.

 

Hal itu bisa terlihat ketika Sabtu (11/7) di Pelabuhan Kali Adem,  Muara Angke yang memberangkatkan kapal sebanyak 17 kapal dengan penumpang sebanyak 1024 orang. Petugas keselamatan pelayaran dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke melakukan pengawasan secara ketat agar pelayaran kapal berlangsung aman dan lancar.

 

Penumpang yang akan naik ke kapal sudah terlihat sejak jam 06.00 Wib sampai siang sekitar pukul 07.30 Wib, mulai antre di loket penjualan tiket kapal. Sebagian lagi sudah ada yang beli dengan sistem on line.

 

Ketika dermaga sudah dibuka penumpang memasuki dermaga. Pengawasan ketat, selain menunjukan tiket calon penumpang juga diperiksa kesehatannya menggunakan time scaner, diharuskan menggunakan masker dan di atas kapal diarahkan jaga jarak.

 

“Tidak masalah atas pengawasan yang ketat agar penumpang sesuai ketentuan berlaku, karena tujuannya agar perjalanan kami dengan kapal aman dan selamat,” kata Susy Say, salah seorang penumpang kapal yang akan ke Pulau Pramuka.


Hal senada juga diungkapkan Nadine, penumpang lainnya, yang mengaku sebelum naik diminta mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak.


"Kalo itu  memang keharusan,  arahannya seperti itu (pakai masker, jaga jarak dan menggunakan pelampung pada saat di  kapal gak apa-apa kok," kata Nadine yang akan ke Pulau Pramuka.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Muara Angke, Anggiat Douglas Silitonga dan Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) Muara Angke, Maruli berada dilokasi untuk melakukan pengawasan atas kegiatan melayani calon penumpang yang akan naik kapal.

 

“Kami ingin memastikan bahwa kegiatan melayani calon penumpang yang akan naik kapal benar-benar berlangsung dengan baik, persyaratan kapal yang akan berlayar sudah terpenuhi, agar kapal dan penumpang dalam pelayarannya aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan.” Ungkap Anggiat Douglas, di dermaga Kali Adem.

 

Ketika ada penumpang yang belum menggunakan jaket pelampung, awak kapal mendapat pengarahan agar penumpang yang berada di kapal menggunakan pelampung.

 

“Masih banyak juga penumpang yang enggan pakai pelampung ketika di kapal. Padahal arahan menggunakan pelampung sudah disampaikan sejak awal. Untuk itu tidak lupa para petugas mengingatkan kepada awak kapal agar mengarahkan penumpang yang tidak menggunakan pelampung,  “ kata Anggiat.

 

Usai kapal berangkat para petugas pun belum beranjak dari pelabuhan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kebarangkatan benar-benar sudah berlangsung dengan baik dan tidak mengalami masalah.

 

“Harapan kami setelah meninggalkan dermaga kapal berlayar dengan baik dan lancar. Jika ada kapal yang kembali karena ada suatu hal, maka kami bisa melakukan pemeriksaan mengenai sebab-sebab kapal kembali. Jika ada kendala yang sangat fatal, maka kapal tidak diberangkatkan, “ ungkap Anggiat.

 

“Kami benar-benar menjaga aspek keselamatan agar kapal yang berlayar dalam keadaan sesuai dengan standar keselamatan, sehingga kapal sampai ke tujuan dengan aman,” tegasnya.

 (Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here