Operasikan 15 Kapal dan RIB, Dirjen Hubla Semangati Personil SAR - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Operasikan 15 Kapal dan RIB, Dirjen Hubla Semangati Personil  SAR

Operasikan 15 Kapal dan RIB, Dirjen Hubla Semangati Personil SAR

Share This




Jakarta (wartalogistik.com) - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo bersama pejabat lainnya mengunjungi Posko SAR Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok, di terminal ex JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok untuk memberikan dukungan dan semangat pada jajarannya yang saat ini ikut terlibat dalam kegiatan mendukung pihak Basarnas ( Badan SAR Nasional)  melakukan SAR pada korban dan pesawat SJ 182 yang dioperasikan Sriwijaya Air di kawasan Kepulauan Seribu.


" Semua personel sudah bekerja dengan optimal dan penuh semangat, dan kegiatan  akan berlanjut sampai kegiatan SAR selesai," ungkap Agus Purnomo di Posko SAR OP Tanjung Priok, Senin (11/1).


Selain memberikan semangat, Agus Purnomo  juga memberikan arahan pada personil di lokasi SAR dengan video call untuk bekerja maksimal memberikan dukungan SAR sebagai kegiatan kemanusiaan.


" Sejak hari pertama (Sabtu jelang sore 9/1) peristiwa jatuhnya pesawat kegiatan SAR sudah dilakukan. Dan pada hari berikutnya kami juga mendukung kegiatan SAR yang dipimpin Basarnas," kata Dirjen Hubla.


Dirjen Hubla mengunjungi Posko SAR sekitar 11.00 WIB dengan sejumlah pejabat diantaranya Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Andi Hartono, Direktur KPLP, Ahmad, Direktur Perkapalan dan Kepelautan , Capt. Hermanta, Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan, Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok Capt. Pujo Kurnianto. Sedangkan di Posko SAR OP Tanjung Priok ditemui Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok, Capt. Mugen S.Sartoto, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko , Kepala Distrik Navigasi, M. Tohir, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Usaha Kepelabuhanan, Kantor  OP Tanjung Priok, Deddy Hermanto.


Pada hari ketiga (Senin 11/1)  SAR jatuhnya pesawat SJ 182 Sriwijaya Air Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengoperasikan 15 kapal dan RIB ke lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dari sebelumnya 13 kapal. Tambahan 2 RIB itu berasal dari Distrik Navigasi Tanjung Priok yang ditugaskan untuk memberikan bantuan pada kapal navigasi KN Enggano yang sejak hari kedua ikut melakukan kegiatan SAR.


" Jika dibutuhkan untuk kegiatan pengangkutan temuan pesawat, KN Enggano siap, karena kapal navigasi itu berfungsi untuk membawa peralatan rambu,," kata Kapala Distrik Navigasi Tanjung Priok, M Tohir.


Sementara itu Capt. Mugen S. Sartoto menyatakan penempatan Posko di ex JICT merupakan hasil kordinasi sejak awal dengan sejumlah pihak yang lokasinya mendukung pergerakan keluar masuk kapal yang SAR di Kepulauan Seribu.


Sementara itu Capt. Wisnu Handoko menyatakan kegiatan kapal yang keluar masuk Posko sampai hari ini berlangsung lancar. 


" Hal itu akan terus dijaga agar kegiatan SAR bisa berjalan dengan baik saat hasil-hasil temuan ya dibawa ke darat," ungkap Capt. Wisnu.

Salah seorang yang dihubungi Dirjen Hubla dari atas kapal petroli yang sedang mendukung kegiatan SAR adalah Kepala Seksi Operasi PLP Tanjung Priok, Capt. Alamin Husen M.Mar menyatakan jajaran kapal Hubla sampai saat ini  menjalankan kegiatan dengan maksimal dan mengikuti arahan pimpinan SAR dari Basarnas.

(Abu Bakar)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here