SAR Kapal Tenggelam di Kalbar di Perpanjang, TNI AL Dukung Penuh - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
SAR Kapal Tenggelam di Kalbar di Perpanjang, TNI AL Dukung Penuh

SAR Kapal Tenggelam di Kalbar di Perpanjang, TNI AL Dukung Penuh

Share This

 




Pontianak (wartalogistik.com) - Pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat diperpanjang. Atas keadaan itu, TNI AL yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan Pencarian dan Pertolongan 17 Kapal yang tenggelam berhasil menemukan kembali satu 1 korban dalam keadaan meninggal dunia di Perairan Kalbar. Selasa (20/7).


Komandan KRI Clurit-641 Letkol Laut (P) Rudi Iskandar mengatakan  kami sempat menunaikan ibadah Sholat Idul Adha disela-sela penyisiran lokasi puing-puing bekas kapal tenggelam dan memperluas area pencarian, KRI Celurit-641 berhasil menemukan jasad mengapung kemudian dievakuasi dengan menggunakan sekoci.


"Selanjutnya Jasad korban kami bawa menuju Dermaga Pelindo II Dwikora Pontianak guna diserahkan kepada petugas Posko SAR gabungan untuk dilakukan proses lanjutan," pungkasnya. 


Dalam Operasi SAR Gabungan pencarian dan penyelamatan yang tenggelam di Perairan Kalbar, TNI AL mengerahkan 2 Kapal Perang KRI Kerambit-627 dan KRI Clurit-641 serta Kapal Patroli Kal Lemukutan, Kal Sambas dan RHIB Lantamal XII Pontianak. Selain itu, TNI Angkatan Laut juga memperkuat unsur SAR Gabungan dengan 2 Pesawat Udara Patroli Maritim CN235 P-8305 dan Cassa P-8203  dimana kedua pesawat ini merupakan jenis pesawat yang memiliki kemampuan dalam pengintaian maritim 


Kepala Kantor SAR Pontianak dalam rapat evaluasi Pelaksanaan SAR Gabungan di Perairan Kalbar memutuskan bahwa operasi SAR di Perairan Kalbar diperpanjang pelaksanaannya hingga 3 hari kedepan (hingga jumat 23/07) dengan mempertimbangkan masih banyaknya korban yang masih belum ditemukan dan permohonan keluarga korban, 


Menyikapi perpanjangan masa operasi SAR tersebut, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid kembali menegaskan bahwa sesuai dengan arahan dan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., TNI AL akan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun Alutsista dalam mendukung kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti operasi SAR yang tengah digelar di Perairan Kalbar. 


“TNI AL melalui Pangkalan di jajaran Koarmada I akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan operasi SAR atas musibah yang menimpa 17 kapal di Perairan Kalbar, sampai dinyatakan berakhir oleh pejabat yang berwenang" tegas Laksda TNI Abdul Rasyid.


Hingga berita ini diturunkan, dari 138 korban awak 17 kapal nahas tersebut, 83 orang telah ditemukan selamat, 22 orang dalam keadaan meninggal dunia, 33 orang masih dalam pencarian.


(Hj Zuladarni Suratman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here