Kapal Sedang Sandar Menunggu Perbaikan Tenggelam di Pelabuhan Marunda - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kapal Sedang Sandar Menunggu Perbaikan Tenggelam di Pelabuhan Marunda

Kapal Sedang Sandar Menunggu Perbaikan Tenggelam di Pelabuhan Marunda

Share This


Jakarta (wartalogistik.com) -  Kapal kayu dengan nama Jasa Kalimantan berbobot 36 GT yang sedang sandar untuk mengatasi kebocoran pada bagian lambungnya di dermaga Pelabuhan Marunda, Rabu pagi (15/12) tenggelam. Namun hari itu juga berhasil diangkat dan dipindahkan ke dermaga Karya Citra Nusantara (KCN).


Atas kejadian itu tidak ada korban jiwa dan gangguan pada alur pelayaran di Pelabuhan Marunda.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) S IV  Marunda, Capt. Isa Amsyari membenarkan adanya peristiwa kapal tenggelam itu. Namun kapal yang tenggelam tidak sedang operasi, melainkan sandar dan sedang siap untuk perbaikan.


" Namun belum sampai menjalani perbaikan, kapal sudah tenggelam," kata Capt. Isa Amsyari dalam pesan singkatnya.


Atas kejadian itu, tambah Capt. Isa Amsyari pihaknya juga sudah melaporkan ke Puskodal Ditjen Hubla, Kemenhub dan mengarahkan jajarannya melakukan upaya pengangkatan kapal.


Dari keterangan salah seorang awak kapal,  peristiwanya berawal pada dini hari sebelum kapal tenggelam.  Saat itu ABK kapal yang tenggelam melakukan kegiatan memompa air untuk mengeluarkan air  dari Kapal.  Setelah air kering di kapal mendekati pagi, ABK tersebut istirahat. Namun saat akan menaikan bendera di Kapal melihat di bagian kamar mesin sudah terendam air sampai dek kamar mesin. 


Selanjutnya air dipompa tapi tidak  kekejar sehingga kapal tenggelam. Setelah kapal tenggelam selanjutnya pihak operator kapal melakukan upaya pengangkatan.


Kegiatan pengangkatan kapal berlangsung menggunakan eksavator pada sekitar pukul 12.00 WIB dan kapal berhasil diangkat dan dikandaskan pada pukul 16.00 WIB ke termina Karya Citra Nusantara ( KCN).


Salah seorang awak kapal mengatakan, kapal sedang tidak operasi menunggu perbaikan. Karena bocor maka sandar dermaga yang terdekat, untuk selanjutnya ke lokasi perbaikan. 


"Namun sebelum dilakukan perbaikan kapal sudah tenggelam pada pagi harinya," ungkap salah seorang awak kapal.


Atas kejadian itu, pihak Kantor KSOP Marunda akan melakukan pemeriksaan pada awak kapal terkait sebab terjadinya kejadian itu.


(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here