Kemenhub Dukung Wisata, Likupang dan Labuan Bajo Disiapkan Terima Kapal Wisata Bottom Glass - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kemenhub Dukung Wisata, Likupang dan Labuan Bajo Disiapkan Terima Kapal Wisata Bottom Glass

Kemenhub Dukung Wisata, Likupang dan Labuan Bajo Disiapkan Terima Kapal Wisata Bottom Glass

Share This

 







Surabaya (wartalogistik.com) - Kawasan pariwisata super prioritas khususnya di wilayah Likupang Provinsi Sulawesi Utara dan Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan menjadi daerah penerima hibah kapal dengan spesifikasi bottom glass.



Pemberian hibah itu sebagai salah satu bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan konektivitas transportasi melalui pariwisata maritim.



Atas rencana hibah kapal itu itu, maka dilakukan  kegiatan Koordinasi Tim Hibah Kapal Wisata Bottom Glass Series #3 dengan tema Sinergitas Kegiatan Hibah Kapal di Surabaya, Kamis (2/12).



Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut DR. Capt. Mugen S. Sartoto saat membuka kegiatan kordinasi itu menyatakan,  pelaksanaan koordinasi ini terdiri dari  tiga kegiatan, yaitu pembangunan kapal, mobilisasi, dan hibah.


"Pertama, terkait progres pembangunan fisik empat unit kapal pada minggu ke-58 saat ini sudah mencapai sekitar 86 sampai dengan 92,52 % sesuai dengan perencanaan dan diharapkan dapat selesai tepat waktu," jelasnya.


Adapun keempat kapal tersebut dibangun oleh galangan kapal PT. Bayubahari Shipyards, PT. Proskuneo Kadarusman, PT. Dumas Tanjung Perak Shipyards, dan PT. Ben Santosa.


"Kemudian yang kedua adalah mobilisasi kapal atau kegiatan mengirimkan kapal dari galangan kapal ke lokasi tujuan yang telah ditentukan, yaitu wilayah Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara," kata Capt. Mugen


Oleh sebab itu, lanjutnya, anggaran pemeliharaan dan operasional wajib disediakan oleh Pemerintah Daerah karena ini adalah aset negara dan akan diserahkan kepada masyarakat atau Pemerintah Daerah dengan mekanisme penyerahan sesuai dengan peraturan yang berlaku.


"Kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyampaikan dokumen kesanggupan untuk menerima hibah dan selalu hadir untuk memberikan saran dan masukan dalam setiap kegiatan sebagai bentuk sinergitas," ungkapnya.


Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat ditemukan solusi yang tepat dan efisien sehingga aset berupa kapal wisata ini dapat bermanfaat dan dapat dioperasikan oleh Pemerintah

Daerah.


Adapun Narasumber pada kegiatan koordinasi tersebut antara lain perwakilan dari Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, pemangku kepentingan terkait dan Tim Hibah Kapal Wisata Bottom Glass.   


Sebagai informasi, Kapal Wisata Bottom Glass adalah jenis kapal yang dibangun pertama kali oleh putra putri terbaik bangsa indonesia yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah kapal sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah air.



(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here