Direktur KPLP Tutup Kegiatan National Marpolex 2023 - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Direktur KPLP Tutup Kegiatan National Marpolex 2023

Direktur KPLP Tutup Kegiatan National Marpolex 2023

Share This

 




Jakarta ( wartalogistik.com) - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Jon Kenedi pada Kamis malam (19/10) menutup  kegiatan National Marpolex 2023. Untuk selanjutnya, kegiatan yang masih berlangsung adalah evaluasi.


"Kegiatan Marpolex 2023 ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan aman atas kerjasama dan dukungan dari seluruh instansi terkait dan stakeholder di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok sekitarnya,” kata Jon Kenedi dalam sambutannya, saat penutupan Marpolex 2023, sekaligus Acara Gala Dinner, bertempat di Hotel Redtop Jakarta.



Marpolex Tahun 2023 dilaksanakan di Jakarta,  pada  tanggal 16 – 21 Oktober 2023. Pembukaan dilakukan pada Senin (16/10) oleh PLT Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antoni Arif Priyadi. Kegiatannya terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama di darat  dan kedua di perairan Tanjung Priok – Jakarta Utara, pada Kamis siang didahului apel gelar pasukan peserta latihan bersama dilanjutkan dengan latihan penanggulang kebakaran dan tumpahan minyak dari kapal.


Perserta latihan bersama diikuti oleh 28 kapal jenis kapal patroli dan tug boat. Didarat stand by dua mobil ambulan.


Jon Kenedi mengatakan kegiatan latihan penanggulangan tumpahan minyak di laut mengambil lokasi di  pelabuhan Tanjung Priok, karena area luas dan merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia dengan perkiraan 50 persen, dari seluruh arus barang di Indonesia masuk dan keluar melewati Pelabuhan Tanjung Priok.



Untuk itu, kata Jon Kenedi, sangat krusial bagi kita untuk menjaga pelabuhan Tanjung Priok dalam kondisi yang aman, terutama dari sisi keselamatan pelayaran. 


" Latihan Marpolex 2023 yang kita laksanakan ini, merupakan salah satu wujud nyata turut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan maritim," kata Jon Kenedi.


Ditambahkan,  untuk menjaga kelestarian lingkungan maritim tersebut, sangat dibutuhkan dari kita semua baik para pemangku kepentingan, pemilik usaha, operator pelabuhan, Badan Usaha Pelabuhan, hingga masyarakat pengguna jasa pelabuhan Tanjung Priok.


" Atas kelancaran kegiatan mulai dari kegiatan di darat dan  laut,  saya mewakili Direktorat KPLP dan 5  Pangkalan PLP di seluruh Indonesia, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan aktif dan turut membantu pelaksanaan Marpolex Nasional 2023,” ucapnya.


Jon Kenedi juga menyampaikan mohon maaf dari Tim Sekretariat, jika ada kekurangan dan kesempurnaan dalam pelaksanaan kegiatan Marpolex Nasional 2023 ini.


Usai acara penutupan, Tim Sekretariat Kegiatan Marpolex Nasional 2023, memberikan penghargaan kepada seluruh instansi terkait dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Marpolex 2023.


Turut hadir dalam acara penutupan Marpolex Nasional 2023, diantaranya Sesditjen Perhubungan Laut Lollan Panjaitan, Unit Pelaksana Teknik (UPT) DKI Jakarta dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Regional Head 2 Pelindo Drajat Sulistyo, Eksekutif General Manager (EGM) Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri, Ketua Umum APBMI Juswandi Kristianto, Ketua Umum ISAA Aris Hartoyo, INSA, TNI AL – Polri, instansi terkait dan seluruh stakeholder pelabuhan Tanjung Priok.


(Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here