Tahun Depan Pelabuhan Sunda Kelapa Punya Kawasan Buffer Area Parkir Truk - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tahun Depan Pelabuhan Sunda Kelapa Punya Kawasan Buffer Area Parkir Truk

Tahun Depan Pelabuhan Sunda Kelapa Punya Kawasan Buffer Area Parkir Truk

Share This

 



Jakarta (wartalogistik.com) - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Sunda Kelapa sedang melangsungkan kegiatan pembangunan buffer area (kawasan penyangga) sebagai lahan parkir untuk kendaraan pengangkut barang di pelabuhan itu.


Kegiatan pembangunan berlangsung pada awal tahun 2024 dan ditargetkan selesai tahun ini. Adapun lahan yang dibangun sekitar 6000 M2 dengan kapasitas tampung sekitar 114 lot atau untuk kendaraan ukuran 40 feet sebesar 87 lot.


Buffer area khusus truk dibutuhkan sebagai upaya menertibkan truk. Selama ini,  truk sebelum mendapat giliran mengangkut muatan, atau menuggu kapal siap, melakukan kegiatan bongkar muat biasanya parkir di ruas jalan dalam pelabuhan menuju dermaga, atau berdekatan dengan dermaga, sehingga mengundang kesemrawutan.


General Manager Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Agus Edi menyampaikan, dengan adanya buffer area, berbagai kegiatan di pelabuhan akan semakin baik. Mulai dari ketersedian kendaraan untuk mengangkut barang, kecepatan mengeluarkan barang dari lahan penumpukan, sampai pada ketersediaan lahan parkir kendaraan yang akan mengambil barang di pelabuhan.


" Buffer area merupakan salah satu kebutuhan pelabuhan selama ini, mengingat semakin meningkatnya muatan yang keluar masuk pelabuhan, sehingga membutuhkan truk pengangkut," kata Agus Edi, pada Kamis (30/5).


" Dengan adanya buffer area, maka truk yang sudah datang bisa menunggu di kawasan yang tersedia sehingga tidak lagi parkir di bahu jalan pelabuhan yang bisa menggangu lintasan keluar masuk kendaraan di dalam pelabuhan," katanya.


Selain itu juga, tambah Agus Edi, akan tercipta kepastian adanya truk pengangkut di pelabuhan, karena truk yang akan mengangkut bisa stand by di kawasan yang disediakan untuk parkir.


" Sopir juga bisa beristirahat dengan baik jika menunggu mendapat giliran mengangkut muatan, karena ada fasilitas untuk para sopirnya istirahat," sambung Agus Edi.


" Akhir tahun ini pembangunan kawasan untuk parkir itu diharapkan sudah selesai, sehingga sudah bisa dimanfaatkan," jelas Agus Edi.


(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here