ALFI dan Forwami Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyebaran Informasi Logistik - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
ALFI dan Forwami Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyebaran Informasi Logistik

ALFI dan Forwami Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyebaran Informasi Logistik

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) –  Upaya pemerintah untuk menata biaya logistik lebih efisien di dalam negeri masih penuh tantangan. Hal itu bisa terlihat dari biaya logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang masih tinggi yakni sekitar 23,7% dari   yang diharapkan di angka 18%  atau bahkan lebih rendah lagi.



Peringkat Logistics Performance Index (LPI) Indonesia dibanding negara-negara yang tergabung dalam kawasan  ASEAN juga masih rendah, dari posisi nomor 4 pada tahun 2017, menjadi peringkat lima di tahun 2018.

Untuk mengatasi keadaan itu,  menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI),Yukki Nugrahawan Hanafi, pemerintah Indonesia harus terus membenahi sektor logistik.  Hal itu sangat penting  agar biaya logistik sesuai target yang ditetapkan dan  masuk 30 besar indeks logistik dunia bisa tercapai. 

Saat ini LPI Indonesia di dunia pada pada urutan 46, naik dari urutan 63 tahun sebelumnya.

“Upaya mewujudkan target-target tersebut harus terus berkelanjutan dan berjalan sinergis di antara semua pemangku kepentingan. Ternasuk di dalamnya peran media yang memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi tentang logistik,” ungkap  Yukki Nugrahawan Hanafi, saat menyampaikan sambutan dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami), di Beranda Kitchen, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/12).

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pengurus ALFI antara lain Harry Sutanto, Adil Karim, Anwar Satta serta yang lainnya. 

"Kami berharap MoU yang ditantatangani antara ALFI dan Forwami hari ini menjadi langkah awal kolaborasi dalam mendukung upaya peningkatan performansi logistik Indonesia," urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami), Damas Jati, menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan ALFI untuk menyebarluaskan informasi mengenai perkembangan industri logistik Indonesia.

"Kami meyakini ALFI sebagai wadah berhimpun para pelaku industri logistik mampu memberi ruang yang lebih luas bagi para wartawan untuk bisa mengakses berbagai informasi di sektor tersebut,'" katanya.

Menurutnya, dengan penandatanganan MoU tersebut, para anggota Forwami diharapkan lebih aktif dalam melakukan peliputan berita logistik khususnya di lingkungan ALFI.

Seiring dengan penandatanganan MoU tersebut, Forwami pun sudah menyusun sejumlah agenda kegiatan di tahun 2019 dalam rangka mendukung program-program ALFI untuk mendukung penguatan sektor logistik. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here