Layanan Penumpang di Pelabuhan Baubau Laksanakan E- Tiketing - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Layanan Penumpang di Pelabuhan Baubau Laksanakan E- Tiketing

Layanan Penumpang di Pelabuhan Baubau Laksanakan E- Tiketing

Share This

Baubau (wartalogistik.com) – Perbaikan layanan pada pengguna jasa sedang berlangsung di Pelabuhan Baubau, Sulawesi Tenggara, melalui penerapan e-ticketing dan x-ray auto gate.  Agar penerapannya berjalan optimal, sejak uji coba pada 18 Desember lalu, maka berlangsung terus  sosialisasi pada pengguna jasa.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas  I Baubau Subagiyo mengungkapkan, sejak pemberlakuan pelaksanaan e-ticketing dan x-ray auto gate di Pelabuhan Baubau, memang sedikit banyak mempengaruhi jadwal keberangkatan kapal yang disebabkan oleh kebiasaan masyarakat atau calon penumpang yang baru masuk secara bersamaan di ruang tunggu sehingga menyebabkan antrian yang panjang.

 “Untuk itu, kami terus mengimbau dan mensosialisasikan kepada pengguna jasa agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik sehingga tidak menimbulkan antrian yang panjang di depan x-ray,” ujar Subagiyo di Baubau Selasa (8/1).

Pelabuhan Murhum Baubau, merupakan Pelabuhan Percontohan (Pilot Project),  telah dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan penumpang beserta barang bawaan dengan x-ray  sebanya 2 line dan metal detector yang sudah dilaksanakan secara penuh dari area publik ke area terbatas pelabuhan (ruang tunggu).

Selain itu juga sudah terpasang, peralatan e-ticketing auto gate sudah terpasang 2 line dari rencana 6 line beserta server dan sistem e-ticketing.

Sampai dengan saat ini terdapat 4 perusahaan/operator kapal penumpang yang secara bertahap sudah melakukan integrasi sistem dalam 1 (satu) server yang dibangun oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, yaitu PT. Pelayaran Dharma Indah, PT. Aksar Saputra Lines, PT. Mitra Cipta Sombu dan PT. Ukiraya Lines.

“Sementara untuk PT. Pelni dan PT. Dharma Lautan Utama, proses integrasi sistemnya dilaksanakan oleh kantor pusat masing-masing,” imbuhnya.

Peningkatan layanan di pelabuhan itu juga dilakukan dengan melakukan sterilisasi dan pembenahan kebersihan pelabuhan dari sampah, melalui pendekatan persuasif terhadap pedagang  agar  menjaga kebersihan lingkungan pelabuhan baik daratan maupun perairan. Penataan area terminal penumpang dengan pagar-pagar pembatas sehingga mampu menambah kapasitas jalur anterian penumpang yang akan masuk ke x-ray auto gate.

“Saat ini kami juga sedang menyusun SOP tentang pelayanan penumpang dan barang di Pelabuhan Murhum BauBau agar pelaksanaan sistem baru di pelabuhan ini berjalan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku,” tutup Subagiyo. (Hilwa Salamah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here