Maas Shobirin Kepala Wilker di Pelabuhan Ikan Muara Baru, Capt Isa Amsari Jabat Kordinator Teknis - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Maas Shobirin Kepala Wilker di Pelabuhan Ikan Muara Baru, Capt Isa Amsari Jabat Kordinator Teknis

Maas Shobirin Kepala Wilker di Pelabuhan Ikan Muara Baru, Capt Isa Amsari Jabat Kordinator Teknis

Share This

Jakarta (wartalogisitk.com) – Maas Shobirin jadi Kepala Wilayah Sunda dan Capt. Isa Amsari menjabat Kordinator Teknis untuk melayani kegiatan pengurusan dokumen Surat Persetujuan Berlayar (SPB) di Pelabuhan Ikan Nizam Zachman, Muara Baru, pasca penghapusan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V  Muara Baru.

Perubahan status KSOP Kelas V Muara Baru  yang tidak berstatus lagi sebagai KSOP dan menjadi Wilayah Kerja KSOP Sunda Kelapa tertuang dalam Permenhub No 76 Tahun 2018 tentang  Perubahan Kedua  Atas Peraturan Menteri Perhubungan No PM 36 Tahun 2012 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja KSOP. Perubahanya berlangsung pada Januari lalu, ketika ditetapkan kenaikan kelas pada Kantor KSOP Kelas V menjadi Kantor KSOP Kelas IV, maka Kantor KSOP Kelas V Kalibaru sudah tiak lagi menjadi KSOP.

Ketika dikonfirmasi terkait perubahan status  KSOP Muara Baru itu, mantan Tata Usaha KSOP Muara Baru, Maas Shobirin membenarkan hal tersebut sejak awal Januari 2019. Dan sejak tanggal 8 Pebruari sudah ditetapkan oleh KSOP Sunda Kelapa, adanya Kepala Kantor Wilayah.

“Pada saat status KSOP, pegawai disini berjumlah 17 orang, sekarang yang melayani 7 orang, lainnya berada di KSOP Sunda Kelapa,” ungkap Maas Shobirin didampingi Capt. Isa Amsari yang sebelumnya sebagai Kepala Petugas Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, di kantornya, Rabu (20/2).

Dengan adanya perubahan itu, tambah Maas Shobirin, kegiatan layanan juga berubah. Saat ini kegiatan yang berlangsung di Kantor Wilayah Kerja Sunda Kelapa Itu berupa penerbitan SPB, sedangkan kegiatan pengurusan dan penerbitan sertifikat kapal-kapal lainnya ke KSOP Sunda Kelapa.

Saat ini di Pelabuhan Muara Baru terdapat sekitar 250 kapal yang dilayani untuk mengurus SPB selama sebulan. Kapal yang berada di dalam pelabuhan mencapai 700 an.

Sementara itu Capt. Isa Amsari menyatakan, kegiatan pelayanan sejak terbitnya Permenhub No 76 Tahun 2018 pada bulan Agustus 2018 dan sampai perubahan status awal Januari 2019, sampai saat ini kegiatan layanan pada kapal-kapal tidak pernah berhenti. 

“Selama ini pelayanan terus berlangsung sesuai kewenangan yang ditetapkan pimpinan kami di Ditjen Perhubungan Laut dan Sunda Kelapa,” kata Capt. Isa.
Dikatakan juga, meski saat ini kegiatannya  berupa penerbitan SPB, namun petugas-petugas di kantor wilayah kerja tetap melakukan pengawasan atas pengoperasian kapal ikan sebagai mana ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan kordinasi dengan pengelolaan pelabuhan ikan, terkait dengan teknis penataan kapal agar memenuhi ketentuan keselamatan dan keluar masuk kapal agar lancar kami juga lakukan, karena tingkat kepadatan kapal yang berada di dalam pelabuhan sangat tinggi,” ungkap Capt. Isa.

“Jadi aspek keselamatan tetap kami perhatikan agar kapal-kapal yang di dalam pelabuhan tetap aman dan yang akan berlayar juga terpenuhi persyaratannya keselamatannya,” tambah Capt. Isa Amsari (Abu Bakar)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here