Lihat Proses Diklat, Orang Tua Taruna-Taruni Poltekpel Sumbar Masuk Kampus - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Lihat Proses Diklat, Orang Tua Taruna-Taruni Poltekpel Sumbar Masuk Kampus

Lihat Proses Diklat, Orang Tua Taruna-Taruni Poltekpel Sumbar Masuk Kampus

Share This
Padang Pariaman (wartalogistik.com) -  Peran orang tua sangat penting dalam mendukung kesuksesan taruna-taruni  menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat). Untuk itu, Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), BPSDM Perhubungan, Kemenhub,  Rivolindo SH, MM melangsungkan kegiatan pertemuan dengan para orang tua taruna-taruni agar mengetahui bagaimana proses pendidikan dan pelatihan di kampus serta mendukungnya ketika para taruna-taruna libur di rumah.

“Kegiatan pertemuan ini dalam rangka terciptanya kesamaan pemahaman dalam membentuk generasi penerus yang berkompeten, disiplin dan mempunyai wawasan serta fisik   yang prima ,” kata Rivolindo, Senin (11/3).

Dalam pertemuan dengan orang tua taruna-taruni Rivolindo menjelaskan, untuk menjalankan tugas sebagai perwira kapal laut, membutuhkan keahlian, untuk itu dilakukan dengan pemberian pengajaran di kampus, agar memahami keterampilan mengoperasikan kapal, maka taruna-taruni melakukan kegiatan pelatihan dengan menggunakan simulator atau nantinya praktek di kapal dan di pelabuhan ( untuk  Prodi Transportasi Laut).

“Untuk membentuk wawasan ada ekstra kurikuler dan kuliah umum, sedangkan untuk membentuk disiplin ada aturan dan jadwal berkegiatan di kampus dan latihan kedisplinan, untuk membentuk fisik yang prima ada latihan pisik yang diawasi oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya,” kata Rivolindo.

Selain itu, ditegaskan, Poltekpel tidak mentolerir adanya kekerasan, sehingga jika terjadi perilaku kekerasan dari taruna dengan taruna maka akan ada tindakan tegas untuk pelakunya.

“Pihak kampus akan melakukan pengawasan secara ketat agar tidak terjadi kekearasan, dan jika terjadi kekerasan maka pelakunya akan ditindak tegas,” ujar Rivolindo.

Atas apa yang dilangsungkan di dalam kampus, Rivolindo berharap para orang tua memberikan dukungan dengan memperhatikan pada para taruna-taruni ketika  di rumah saat libur akhir pekan. Misalnya, tetap memperhatikan waktu istirahat selama di rumah. Jangan sampai ketika di rumah para taruna-taruni beraktifitas tidak teratur, sehingga kembali ke kampus dalam keadaan kelelahan.

“Hal itu akan membuat taruna-taruni kesulitan mengikuti proses perkuliahan di kampus, karena ketika kembali ke  kampus dalam keadaan fisik yang tidak prima,” kata Rivolindo.

Dalam kegiatan dialog, orang tua juga diberi kesempatan menyampaikan pendapatnya agar proses diklat berlangsung secara baik.

Usai berdialog, para orang tua juga melakukan kunjungan ke ruangan pendidikan dan pelatihan di kampus, termasuk asrama taruna-taruni,  sehingga mengetahui bagaimana putra-putrinya  selama diklat.  Untuk menciptakan suasana akrab acara diisi makan siang bersama  diikuti jajaran civitas akademika, orang tua taaruna-taruni dan para taruna-taruni. (Kurnia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here