Fasilitas Tunggu Penumpang Di Terminal Kapal Laut Kali Adem Muara Angke Butuh Perhatian - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Fasilitas Tunggu Penumpang Di Terminal Kapal Laut Kali Adem Muara Angke Butuh Perhatian

Fasilitas Tunggu Penumpang Di Terminal Kapal Laut Kali Adem Muara Angke Butuh Perhatian

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Fasilitas dan pelayanan di terminal penumpang kapal laut  Kali Adem, di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara perlu ditingkatkan sebelum dilakukan pembangunan gedung terminal, agar calon penumpang yang akan menggunakan kapal nyaman selama menunggu.

Keaadan terminal yang memprihatinkan itu terlihat pada hari Sabtu (9/3 ketika berkunjung ke terminal Kali Adem, Muara Angke. Terlihat  calon penumpang kapal berada di halaman gedung terminal, karena daya tampung gedung tidak mencukupi. Di haalaman pun tidak ada tenda untuk menghindari sinar matahari atau hujan jika terjadi.

“ Yang  menunggu kapal bisa berdiri, jongkok atau ngedeprok di tanah, kalo hujan yah kelihatannya kita ke warung-warung ” kata calon penumpang yang sudah datang pukul 06.00 Wib.

Meski sebagian besar calon penumpang tidak mendapat kenyamanan, namun mereka tetap sabar menunggu kapal.

Setelah kapal siap berangkat, proses selanjutnya petugas terminal mengarahkan penumpang masuk dermaga untuk naik kapal. Pada proses ini terlihat sangat ketat. Calon penumpang yang sudah punya tiket atau rombongan yang kapalnya siap berangkat, mulai masuk dermaga melalui pintu  pemeriksaan, kemudian di dermaga harus melalui pemeriksaaan lagi untuk naik kapal.

Pada proses penumpang akan naik kapal terlihat pemeriksaan sangat ketat, untuk menghindari penumpang yang tidak tercatat di manifes naik ke kapal. Di kapal pun sudah ada pelampung yang wajib dikenakan penumpang selama kapal berlayar.

Ketika keadaan fasilitas dan layanan di konfirmasi ke Direktur Pelabuhan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), M. Tohir.yang pagi itu mengunjungi terminal Kali Adem menyatakan, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berencana akan membangun kembali terminal itu lebih baik lagi, karena fasilitas yang tersedia sudah tidak mampu melayani jumlah penumpang yang semakin besar, selain itu dengan adanya tanggul pantai membuat bagian daratan terhalang ke dermaga.

Namun demikian, dengan jumlah calon penumpang yang menunggu di halaman terbuka, M. Tohir berharap pada masa transisi dengan pelaksanaan pembangunan terminal, fasilitas tunggu penumpang agar tetap diperhatikan, sehingga selama belum berlangsung pembangunan maupun pada saat sedang dalam proses pembangunan terminal, layanan penumpnag juga terjaga kenyamanannya.

“Nanti akan ada arahan ke Pemda DKI untuk juga memperhatikan layanan penumpang lebih baik lagi pada masa transisi pembangunan terminal ini,” kata M. Tohir disela-sela kunjungannya didampingi Kepala KSOP Muara Angke, Capt. Hendry Sulfian.

M. Tohir juga menyatakan, dilihat dari pengawasan penumpang yang akan naik kapal terlihat sangat baik, pemeriksaan sangat ketat petugas sudah berjaga dari pagi sampai kapal selesai berangkat semua.

“Pemenuhan aspek keselamatan pelayaran berjalan baik. Hal itu sangat penting agar penumpang, awak dan kapal nya selamat sampai tujuan,” kata M. Tohir.

Sebagaimana diberitakan akhir-akhir ini, layanan wisatawan ke kaawasan Kepulauan Seribu pada kahir pekan (Jum’at dan Sabtu), semakin meningkat. Hal itu berlangsung sejak pertengahan bulan Pebruari tahun ini. Pada Sabtu (9/3) jumlah penumpang mencapai 3084 dilayani dengan 21 kapal, sebelumnya jumlahnya masih di bawah angka tersebut.
 (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here