Sudah 400 Pas Kecil Di Serahkan Pada Nelayan Di Bandung dan Sekitarnya - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Sudah 400 Pas Kecil Di Serahkan Pada Nelayan Di Bandung dan Sekitarnya

Sudah 400 Pas Kecil Di Serahkan Pada Nelayan Di Bandung dan Sekitarnya

Share This

Jakarta (wartalogisitk.com) -  Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pelabuhan Ratu sampai hari Jum'at (8/3) telah menyerahkan sebanyak 400 Pas Kecil untuk para nelayan di wilayah Saguling dan Cianjur.

Jumlah pas kecil yang sudah diserahkan itu dari berbagai wilayah kerja UPP Pelabuhan Ratu, yakni di wilayah Kabupaten Bandung Barat yaitu di Saguling telah lakukan pengukuran dan penyerahan pas kecil kapal sebanyak 100 unit dan di sebagian Cianjur yaitu wilayah Cirata telah dilakukan pengukuran dan penyerahan pas kecil sebanyak 300 unit dari jumlah kapal yang ada sebanyak 500 unit kapal.

Menurut Kepala Kantor UPP Pelabuhan Ratu Fatah Yasin, pengukuran kapal di bawah GT 7 di wilayah Bandung Barat  dilakukan di Saguling dan sebagian Cianjur telah dilakukan di wilayah Cirata   bersama Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat  dari tanggal 4 s.d 7 Maret 2019.

Sementara itu untuk wilayah lainnya seperti wilayah Cianjur Selatan yang meliputi kawasan Pantai Jayanti rencananya akan dilaksanakan pembukaan gerai pelayanan percepatan dan pengukuran kapal di bawah GT 7 oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pelabuhan Ratu pada pertengahan bulan Maret 2019 ini.

Menurut  Yasin, gerai tersebut dibuka untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran kapal dan pengukuran kapal di bawah      GT 7 bagi para nelayan di wilayah kerja Pelabuhan Ratu, pihaknya telah membuka gerai percepatan pengukuran kapal dibawah GT 7 di beberapa lokasi seperti di Kabupatan Sukabumi,  Kabupetan Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada kegiatan gerai kali ini, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pelabuhan Ratu  telah menugaskan beberapa Tenaga Ahli Ukur Kapal dengan bekerja sama Dinas Perikanan Propinsi Jawa Bara serta Lurah, RT, RW dan perangkat desa setempat.

Dengan adanya kemudahan-kemudahan tersebut, Fatah Yasin berharap semua kapal-kapal nelayan yang belum mengurus pas kecil dapat segera melakukan permohonan dengan memenuhi persyaratan lainnya sehingga kapal dapat segera diukur ulang guna penerbitan dokumen pas kecil.
Sebelumnya, kantor UPP Kelas III Pelabuhan Ratu telah melakukan pelayanan gerai percepatan dan pengukuran kapal di wilayah Kabupaten Sukabumi  pada 19 Januari 2019 hingga 19 Februari 2019 bersamaan dengan Kunjungan Kerja Kapolda Jawa Barat dan Pangdam III Siliwangi.

Adapun sebanyak 526 unit kapal yang beroperasi di wilayah Sukabumi telah dilakukan pengukuran dan diberikan pas kecil bagi pemilik kapal, antara lain meliputi wilayah  Pelabuhan Ratu, Cisolok, Cibangun, Patuguran, Ciwaru dan Ujung Genteng.

Sebagai informasi, Gerai pengukuran kapal berukuran di bawah GT 7 di wilayah kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pelabuhan Ratu  merupakan kegiatan yang diinisiasi dalam rangka percepatan pengukuran kapal berukuran  di bawah GT 7 di wilayah kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pelabuhan Ratu.

Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berkomitmen untuk membantu dan mempermudah proses percepatan pendaftaran dan pengukuran kapal di bawah GT 7 dengan membuka gerai percepatan pengukuran kapal di sejumlah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut.

Adapun menurut data per tanggal 7 Maret 2019, secara nasional total jumlah kapal yang kurang dari GT 7 sebanyak 38.931 unit kapal yang masih terus bertambah mengingat data yang terus masuk dari UPT Ditjen Hubla dan saat ini sebanyak 35.040 unit kapal telah dilakukan pengukuran dan diberikan pas kecil kepada pemiliknya.(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here