Kini Pembangunan Pelabuhan Patimban Mencapai 57 Persen - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kini Pembangunan Pelabuhan Patimban Mencapai 57 Persen

Kini Pembangunan Pelabuhan Patimban Mencapai 57 Persen

Share This

Pamanukan ( wartalogistik.com) Pembangunan Pelabuhan Petimban Tahap I Phase I yang berisi 4 paket kegiatan  kini sudah mencapai  57 persen per akhir Mei lalu.

"Dari 4 paket itu yang sudah dilaksanakan sebanyak 3  paket. Satu paket lagi akan dilakukan pelelangan," kata PLT Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II  Patimban DR. Anwarudin ST. MT, di Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Senin (17/6).

Atas capaian sebesar itu, Anwar, panggilan KSOP Patimban, optimis pembangunan pelabuhan tahap pertama ini selesai sesuai jadwal.

Jika Phase I Tahap I ini selesai akan menghasilkan terminal peti kemas  420 m  x 300 m (13 Ha ) dari total panjang dermaga 4320 m. Lapangan peti kemas 35 Ha (kapasitas  250.000 Teus dari total  3,75 juta  Teus),  Terminal Kendaraan  300 m x 250 m  (9 Ha) kapasitas 2 18.000 CBU dari total 600.000 CBU. Back Up Area ; persiapan 356 Ha. Akses Jalan ; persiapan 15 Ha. Kedalaman Alur dan Kolam  - 10 LWS.

“Selain itu, pembangunan jalan akses ke pelabuhan yang dikerjakan pihak dari Kementerian PU, juga sedang berlangsung.” kata Anwar.

Jalan akses ke pelabuhan itu melintasi jalan raya Pantura, dan akan terkoneksi ke jalan tol Cipali ( Cikopo – Palimanan).

Di lokasi, dari pantai,  juga sudah terlihat sejumlah tiang pancang yang menjadi penyangga lahan dermaga dan penumpukan sementara muatan.

Untuk mendukung kegiatan pembangunan pelabuhan, kata Kepala TU KSOP Patimbang M. Chusnul Syaichudin, kegiatan pembangunan dilakukan dengan dukungan sejumlah kapal, seperti kapal keruk, maupun kapal-kapal yang mendukung kegiatan pemancangan tiang pancang.

“Kedepan kelihatannya dukungan kapal akan semakin bertambah, mengingat kegiatan pembangunannya juga semakin meningkat,” kata Chusnul.

Untuk tahap 1 Phase 1 ini keempat paket itu meliputi Cement Deep Mixxing, pemancangan tiang pancang, pengerukan kolam pelabuhan, pembangunan akses jalan ke pelabuhan.

“Semua paket Tahap I Phase I akan berlangsung secara simultan,” ungkap Chusnul.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here