Mahasiswa ISTN Studi Ilmiah Di Pelabuhan Patimban - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Mahasiswa ISTN Studi Ilmiah Di Pelabuhan Patimban

Mahasiswa ISTN Studi Ilmiah Di Pelabuhan Patimban

Share This
 
Jakarta (wartalogistik.com) -  Pembangunan Pelabuhan Patimban, Pamanukan, Subang, Jawa Barat, mendapat perhatian dari mahasiswa. Itu terjadi ketika pada Kamis (20/6) sebanyak 97 Mahasiswa Fakultas Teknik, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), mengunjungi pelabuhan untuk melakukan studi ilmiah.

Kehadiran para mahasiswa disambut pihak  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban. Dalam kunjungannya itu para mahasiswa mendapat penjelasan dari Kepala Seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, Capt. Bambang Dwi Wiyanta M. M.,  tentang fungsi dan paran KSOP Petimban.

Seusai mendapat penjelasan itu, para mahasiswa mendapat kesempatan melihat kegiatan pembangunan pelabuhan yang sedang berlangsung.

"Para mahasiswa juga menggunakan kapal ke laut untuk melihat pembangunan yang sedang berlangsung di perairan," kata   Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli. Capt. Samsuh Agustiar Ilyas, yang ditemui wartalogistik.com  di Kantor KSOP Patimban, Kamis (20/6).

Dikatakan juga, sebelum melakukan kegiatan di lokasi pembangunan pelabuhan, para mahasiswa mendapat penjelasan mengenai keselamatan kerja dari pihak Konsorsium Penta Ocean.

"Saat di kapal para mahasiswa juga wajib memenuhi persyaratan keselamatan pelayaran," kata  Capt.  Samsuh.

Pembangunan Pelabuhan Patimban yang sedang memasuki Tahap I Paket I akan selesai pada Nopember 2020. Namun akan mulai operasi minimum pada Desember tahun 2019. Saat ini pembangunan yang sedang berlangsung Tahap I Phase I berupa   Paket 1 Terminal, Paket 2 Sea Wall, Break Water dan Pengerukan Alur, sedangkan Paket 3 Jalan Penghubung. Adapun Paket 4 berupa Jembatan dari terminal ke daratan akan dilakukan proses lelang.

Jika Phase I Tahap I ini selesai akan menghasilkan terminal peti kemas  420 m  x 300 m (13 Ha ) dari total panjang dermaga 4320 m. Lapangan peti kemas 35 Ha (kapasitas  250.000 Teus dari total  3,75 juta  Teus),  Terminal Kendaraan  300 m x 250 m  (9 Ha) kapasitas 2 18.000 CBU dari total 600.000 CBU. Back Up Area ; persiapan 356 Ha. Akses Jalan ; persiapan 15 Ha. Kedalaman Alur dan Kolam  - 10 LWS.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here