Masih Tinggi, Arus Balik Penumpang Kapal Laut dari Kota Baubau - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Masih Tinggi, Arus Balik Penumpang Kapal Laut dari Kota Baubau

Masih Tinggi, Arus Balik Penumpang Kapal Laut dari Kota Baubau

Share This

Baubau (wartalogistik.com) – Penumpang arus balik Lebaran yang sudah usai (H + 15), tidak membuat penumpang angkutan laut di daerah berkurang. Di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (27/6) sebanyak tiga  unit armada milik PT Pelni yakni KM Sinabung, KM Doro Londa dan KM Lambelu masing-masing memuat ribuan penumpang.

KM Sinabung yang berangkat ke daerah bagian utara yakni Ternate, Banggai, Bitung, Makassar dan Surabaya memuat sebanyak 1.300 penumpang.
Kemudian, KM Doro Londa yang akan berlayar ke Namlea, Ambon dan sejumlah pelabuhan lain memuat penumpang 1.700 orang.

Sedangkan, KM Lambelu yang sandar sekitar pukul 15.00 Wita memuat sebanyak 2.500 orang lebih akan berlayar ke Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Tarakan dan Nunukan.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin sebagaimana diberitakan antaranews.com mengatakan, keberangkatan ini  adalah arus balik Lebaran yang termasuk padat karena tiga kapal. Padatnya penumpang yang naik kapal dari pelabuhan itu, karena memang kebetulan Baubau adalah pelabuhan terakhir sehingga kapal dalam kondisi kosong

"Untuk Baubau arus balik kemungkinan masih bertahap, karena saat ini anak sekolah masih libur. Jadi perkiraan kami masih panjang sampai siswa masuk sekolah hingga pertengahan Juli ini," katanya.

Saat ini pihaknya dalam mengangkut penumpang tidak lagi dispensasi, tapi sesuai kapasitas yang tersedia mengikuti keputusan dari Kementerian Perhubungan.

"Jadi setelah penutupan posko angkutan Lebaran pada H+15 Pelni sudah tidak menambah dispensasi, sehingga kita menjual sesuai kapasitas kapal," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada calon penumpang yang tidak mendapat tiket untuk menunggu pelayaran atau kapal berikutnya atau mencari alternatif transortasi selain Pelni.

"Sebetulnya antusias penumpang di pelabuhan Baubau masih panjang. Permintaan juga masih banyak, cuma kita harus taat aturan," ujarnya. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here