Tiga Kapal Coast Guard Indonesia Berangkat Ke Filipina - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tiga Kapal Coast Guard Indonesia Berangkat Ke Filipina

Tiga Kapal Coast Guard Indonesia Berangkat Ke Filipina

Share This

Jakarta  (wartalogistik.com) –  Tiga  kapal patroli Sea and Coast Guard , KNP. SAROTAMA-P.112 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, kapal KNP. GANDIWA-P.118 dari Pangkalan PLP Kelas II Bitung, dan KNP. KALAWAI-P.117 dari Pangkalan PLP Kelas II Tual mulai berangkatkan dari Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara pada Rabu (28/6) untuk mengikuti  Regional Marpolec  2019, di Davao, Filipina, dari tanggal 1 hingga 5 Juli 2019.

Pelepasan keberangkatan tiga kapal itu dilakukan Direktorat Jenderal  Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan, dengan menggelar Apel Pelepasan Delegasi Indonesia dan kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau Sea and Coast Guard Indonesia.

Apel dipimpin oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang diwakili oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad selaku Inspektur Upacara. Ahmad  berpesan kepada seluruh delegasi Indonesia dan peserta Regional Marpolex 2019 agar menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dan memberikan usaha yang maksimal demi nama baik bangsa Indonesia.

"Dari hasil evaluasi simulasi yang telah dilakukan semua unsur, saya yakin dan percaya semua telah siap mengikuti latihan bersama Filipina dan Jepang," tegasnya.
Sementara itu, dalam laporan kegiatan, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Een Nuraini Saidah, menyampaikan, ada beberapa tujuan mengikuti Regional Marpolex 2019.

"Diantaranya sebagai komitmen Pemerintah Indonesia dalam kerja sama regional di bidang penanggulangan tumpahan minyak di laut," tutur Een di Bitung, Jumat (28/6).
Kegiatan tersebut juga menguji coba dan mengevaluasi prosedur dan kemampuan penanggulangan tumpahan minyak di laut.

Melatih dan meningkatkan kerja sama dan kapabilitas dalan operasi pengamatan, pengamanan, pencarian, dan pertolongan, pemadaman kebakaran, penanggulangan tumpahan minyak di laut, penanggulangan minyak, dan pengajuan ganti rugi pencemaran laut.

Selain itu juga melatih personel dalam perencanaan, komando, dan pengendalian operasi penanggulangan tumpahan minyak di laut.

"Terakhir, mendorong partisipasi dan keterlibatan stakeholder dari pengusahaan migas dan perusahaan pelayaran dalam usaha bersama mengontrol dan menanggulangi tumpahan minyak di laut," ungkapnya.


Pembukaan acara Marpolex secara resmi akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2019 oleh Commander Coast Guard ketiga negara, Indonesia, Filipina dan Jepang.


Regional Marpolex merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali antara Indonesia dan Filipina dengan menggandeng Jepang sebagai observer.

Latihan tahun ini utamanya akan menguji kemampuan Filipina, Indonesia, dan Jepang dalam bekerjasama menanggulangi terjadinya musibah tumpahan minyak, dengan mengacu pada perjanjian bilateral antara Indonesia-Filipina yakni Sulu Sulawesi Oil Spill Response Network Plan 1981 serta ASEAN Regional Oil Spill Contingency Plan yang diadopsi pada Sidang ASEAN TMM ke-24 bulan November 2018.

Konsep latihan yang akan dilaksanakan pada Regional MARPOLEX 2019 tidak hanya menguji coba kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam penanggulangan tumpahan minyak, namun juga menguji coba prosedur penanggulangan tumpahan minyak dengan melibatkan bantuan negara tetangga. Adapun pada Regional  Marpolex 2019 ini, Filipina akan mengerahkan 14 unit kapal dan 1 unit helikopter, Jepang mengerahkan 1 unit kapal dan 1 unit helicopter. (Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here