POLTEKPEL SUMBAR Gelar Pelatihan Tingkatkan KOMPETENSI Tenaga Pengajar - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
POLTEKPEL SUMBAR Gelar Pelatihan Tingkatkan KOMPETENSI Tenaga Pengajar

POLTEKPEL SUMBAR Gelar Pelatihan Tingkatkan KOMPETENSI Tenaga Pengajar

Share This
PADANG PARIAMAN (Wartalogistik.com) – Belum lama ini, Poltekpel Sumbar menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan bagi tenaga pengajar atau dosen di lingkungan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, sehubungan dengan pelaksanaan akreditasi program studi serta peningkatan tridharma perguruan tinggi.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur II, Lili Purnama Sita, S.SiT.,M.M.Tr. Dalam sambutannya, Wadir II menyampaikan bawah kegiatan ini adalah salah satu bentuk upaya Poltekpel Sumbar untuk meningkatkan kualitas dosen dan tenaga pengajar terkait penyusunan penelitian, kurikulum dan kelengkapan administrasi dosen dalam rangka peningkatan akreditasi kampus Poltekpel Sumbar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini menghadirkan beberapa narasumber yang mempunyai kapabilitas dalam proses penyusunan instrumen akreditasi program studi diantaranya, Rizal Ahmad, S.E.,M.Si., Aditya, S.T., Anditya, S.T., Rahmadhani, S.Kom., M.Kom., Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd., dan Dr. M. Fitri Rahmadana, S.E., M.Si. 

“Adanya pelatihan ini bisa menjadi pedoman atau bimbingan bagi para dosen dan tenaga pengajar untuk menghasilkan penelitian yang baik sekaligus meningkatkan kualitas para dosen dan tenaga pengajar dalam upaya peningkatan akreditasi kampus,” Imbuh Wadir II. 

Pelatihan diikuti oleh 47 peserta dari tenaga pengajar yang ada di Poltekpel Sumbar. Pelatihan tenaga pengajar yang dilaksanakan Poltekpel Sumbar merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan akreditasi institusi dalam mendorong perbaikan mutu program studi secara berkelanjutan. 

Materi pelatihan yang disampaikan tergabung dalam enam kegiatan, diantaranya :
1. Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) 24 Standar.
2. Pelatihan penyusunan buku ISBN dan HKI 
3. Pelatihan Sinta/Sister /OJS 
4. Pelatihan Perpustakaan online
5. Pelatihan bedah kurikulum sesuai KKNI
6. Pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta artikel internasional


Melalui pelatihan ini, diharapkan agar para dosen dan tenaga pengajar dapat memahami kebijakan terkait akreditasi program studi, syarat dan prosedur serta memahami dan penyusunan penelitian, kurikulum dan kelengkapan administrasi dosen sebagai instrumen akreditasi. Tujuan akreditasi sendiri adalah untuk menginformasikan kinerja suatu Perguruan Tinggi Kedinasan kepada masyarakat. (*Safira).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here