Poltekpel Sumbar Targetkan Tahun 2020 Kelola Keuangan Berbasis BLU - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Poltekpel Sumbar Targetkan Tahun 2020 Kelola  Keuangan Berbasis BLU

Poltekpel Sumbar Targetkan Tahun 2020 Kelola Keuangan Berbasis BLU

Share This

Padang Pariaman (wartalogistik.com) – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) mendatang menargetkan pada tahun depan layanan pengelolaan keuangannya berbasis BLU (Badan Layanan Umum).


"Kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pemenuhan persyaratan sebagai BLU sedang berlangsung," kata Direktur Poltekpel Sumbar,    Rivolindo SH. MM, di kampus, Jum'at (27/9).

Lebih jauh Rivolindo menyatakan, tujuan BLU untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan mengikuti diklat maupun lembaga yang akan  bekerjasama dengan kampus.

Selain itu juga perencanaan pengelolaan keuangan BLU di Poltekpel Sumbar bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktik bisnis yang sehat. .

Adapun kegiatan untuk membumikan pelaksanaan BLU, sepert dilakukannya rapat pra BLU yang berlangsung pada pertengahan September lalu (18/9). Kegiatan rapat pra-BLU itu dihadiri oleh seluruh pegawai dan civitas akademika Poltekpel Sumbar.

Pada rapat tersebut arahnya untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan BLU bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Poltekpel Sumbar. .

Materi disampaikan langsung oleh Andi Mulyadi selaku Kepala Seksi Analisa, Statistik dan Penyusunan Laporan Keuangan Bidang PAPK Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumbar bersama dengan  Nugroho Adi Wibowo selaku Kepala Seksi PPA I-D Bidang PPA-I. Poltekpel Sumbar.

Selain itu juga rapat membahas  rencana kesiapan untuk pengembangan serta inovasi layanan  pengelolaan keuangan dengan BLU. 

Sebagaimana PP No. 25 Tahun 2005 prinsip-prinsip BLU melakukan kegiatan berupa efisiensi dan produktifitas.

Rencananya, BLU pendidikan di bawah Kemenhub juga mendapat biaya operasional yang dianggarkan dalam DIPA. Nantinya sebagian pendapatan bisa digunakan BLU untuk pengembangan, lalu sebagian lagi masuk ke dalam kas negara dan dicatat sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 


 (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here