OP Tanjung Priok Dan Dishub DKI Akan Lakukan Penataan Usaha Bongkar Muat - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
OP Tanjung Priok Dan Dishub DKI Akan Lakukan Penataan Usaha Bongkar Muat

OP Tanjung Priok Dan Dishub DKI Akan Lakukan Penataan Usaha Bongkar Muat

Share This
Jakarta (Warta logistik.com) - Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan  Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta sepakat untuk melakukan penataan kegiatan usaha bongkar muat di Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Kepala Kantor OP Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Rabu (13/11) di Jakarta.

Selain acara penandatangan kesepakatan penataan usaha bongkar muat juga dilakukan diskusi yang menampilkan pembicara Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, Operasi dan Kepelabuhanan dari Kantor OP Priok, Wim Pandang Hutajulu dan Kebid Pelayaran, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Renny  DA.

Jika melihat dari diskusi yang berlangsung, maka penataan yang dilakukan pada usaha bongkar muat  terkait dengan adanya perusahaan bongkar muat yang tidur alias tidak memberikan laporan secara rutin setiap bulannya mengenai kegiatan usaha yang dilakukan di pelabuhan Tanjung Priok.

Dari data di Kantor OP Tanjung Priok, yang ditampilkan Wim Pondang terdapat 139 Perusahaan Bongkar Muat  (PBM) yang terdaftar untuk beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok. Dari total PBM yang terdaftar itu hanya 52 perusahaan yang lapor kegiatannya secara rutin setiap bulan, sedangkan 24 PBM tidak lapor secara rutin. Dan, yang tidak lapor 63 PBM.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang menyaksikan penandatanganan tersebut mengatakan bahwa penataan usaha bongkar muat pelabuhan di wilayah DKI Jakarta dilakukan untuk mewujudkan tata kelola manajemen pelabuhan yang andal serta dalam rangka menumbuh kembangkan perekonomian melalui sektor perhubungan laut sebagai bagian dari logistik nasional.

Adapun, penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama ini merupakan hal yang baru dan bisa dikatakan bersejarah karena Pelabuhan Tanjung Priok kembali menjadi pelabuhan pertama yang melaksanakan kesepakatan antara Penyelenggara Pelabuhan dengan Gubernur/Dinas Perhubungan. 

"Kesepakatan tersebut diharapkan juga dapat menjadi “pilot project" dan menjadi percontohan bagi Pelabuhan lain dalam rangka penataan Perusahaan Bongkar Muat yang beroperasi di pelabuhan di wilayah Indonesia," jelas Arif Toha.

Sementara itu, Kepala OP Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah dan bukti komitmen bersama Instansi Pemerintah untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan penyelenggaraan dan pelayanan Pemerintah yang baik, dengan prinsip good governance bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Menurut Capt. Hermanta, kedepan OP Priok dan Dishub DKI akan menyusun mekanisme penataanusaha Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal  di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Adapun, Kesepakatan Bersama ini bertujuan untuk menyusun tata cara evaluasi, pembinaan terhadap usaha Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal  di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok yang tidak memenuhi kewajiban dan tangungjawab sesuai ketentuan Peraturan Kementerian Perhubungan Nomor 152  Tahun 2016  Tentang Penyelengraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal dan Peraturan Gubernur Provinsi Khusus Ibukota Jakarta Nomor 54 Tahun 2018 Tentang Penyelengraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal.

Ruang Lingkup Kesepakatan Bersama ini adalah melakukan penataan penyelenggaraan dan pengusahaan bongkar muat barang dari dan ke  kapal yang meliputi kegiatan evaluasi, pembinaan terhadap perusahaan bongkar muat barang dari dan ke Kapal di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta meliputi Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Marunda; dan Pelabuhan Muara Angke.

Kesepakatan Bersama tersebut berlaku untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan, terhitung sejak tanggal penandatanganan dan dapat diperpanjang, diubah maupun diakhiri berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

"Pada dasarnya kesepakatan ini belumlah sempurna, maka dari itu kami berharap bahwa pembahasan yang terdapat dalam Nota kesepakatan Bersama tersebut selanjutnya dapat ditingkatkan dengan membangun sistem pelayanan publik berbasis sistem informasi yang terintegrasi antara Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta Perusahaan Bongkar muat sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman di Revolusi Industri 4.0 ini," tutup Capt. Hermanta.


(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here