Dirjen Hubla Tetapkan 15 Kantor KSOP Terapkan Sistem Inaportnet - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Dirjen Hubla Tetapkan 15 Kantor  KSOP Terapkan Sistem Inaportnet

Dirjen Hubla Tetapkan 15 Kantor KSOP Terapkan Sistem Inaportnet

Share This
Samarinda (wartalogistik.com) - Sebanyak 15  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP),  sejak Senin ( 16/12) menerapkan layanan on line atau menerapkan sistem Inaportnet secara penuh.

Penerapan sistem layanan berbasis internet secara penuh ini resmi ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dalam suatu acara Go Live Inaportnet di Samarinda, Senin (16/12).

Kini Kantor Unit Pelaksana Tennis / UPT (Kantor Kesyahbandaran Utama, Kantor Otoritas Pelabuhan dan KSOP) yang menerapkan sistem inaportnet berjumlah  32 kantor.

Ke 15 Kantor KSOP  yang baru menerapkan itu meliputi Kantor KSOP Samarinda, KSOP Cirebon, KSOP Tanjung Balai Karimun, KSOP Kendari, KSOP Cilacap,  KSOP  Bontang ,  KSOP Benoa, KSO Ternate, KSOP Jayapura,  KSOP Tanjung Pandan, KSOP Pangkal Balam, KSOP Talang Duku, KSOP Pulau Baai, KSOP Pekanbaru

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dalam sambutannya menyatakan, agar penerapan layanan kapal dan barang secara online dapat berjalan dengan baik maka diperlukan komitmen dan kordinasi.

"Dibutuhkan komitmen agar stakeholder yang terlibat dapat patuh atau  secara sadar mengikuti SOP dalam mengajukan untuk mendapatkan  pelayanan ," kata Dirjen Hubla.

Sebab jika tidak patuh, tambah Dirjen Hubla, maka pelayanan secara on line akan kembali manual.

"Namun kita tidak akan kembali ke sistem manual dalam pelayanan. Untuk itu kita harus tegas menerapkannya," tegas Dirjen Hubla.

Pada aspek kordinasi, Dirjen Hubla berpesan agar pihak KSOP harus membantu stakeholder yang masih terkendala dalam mengoperasikan sistem on line dalam pengajuan layanan.

" Kita harus bantu stake holder agar dengan sistem ini kegiatan stakeholder berjalan baik," kata Agus Purnomo.

Dirjen Hubla juga mengatakan penerapan sistem inapornet akan dilakukan pada semua Kantor KSOP.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Ditjen Hubla , Capt. Wisnu Handoko dalam laporannya menyatakan penerapan sistem online terkait dengan terjadi perubahan yang sangat cepat dalam bidang teknologi industri, yang biasa dikenal dengan sebutan Revolusi Industri 4.0, dimana  kegiatan komunikasi dan informasi menjadi semakin cepat dan tanpa batas.

"Atas perkembangan itu, maka langkah yang diambil adalah menerapkan sistem layanan digitalisasi atau online sebagaimana sistem inaportnet yang sekarang diterapkan," ungkap Capt. Wisnu Handoko.

Selain itu dikatakan, sebelum diterapkan secara penuh selama ini sudah dilakukan berbagai kegiatan yang mengarahkan pada adanya kemampuan dari  para operator untuk menerapkan sistem layanan on line tersebut.

"Ke depan kita akan terus dikembangkan sistem layanan ini agar semakin lebih baik lagi," katanya.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here