ASDP Gandeng 7 Politeknik Pelayaran, Tampung Taruna Prala - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
ASDP Gandeng 7 Politeknik Pelayaran, Tampung Taruna Prala

ASDP Gandeng 7 Politeknik Pelayaran, Tampung Taruna Prala

Share This
Merak (wartalogistik.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendukung para  taruna praktek layar (prala).  Kunjungan you dibuktikan melalui kegiatan kekuasaan dengan 7  Politeknik Pelayaran dan sejumlah lembaga pendidikan dan pelatihan swasta.

Hal ini sedangkan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) yang digelar ASDP sebagai ajang diskusi dan komunikasi program kerjasama dalam bidang pendidikan pelatihan bersama dengan 7  politeknik pelayaran di Indonesia, di Terminal Eksekutif Sosoro-Merak, Banten, Senin (16/12).

Direktur SDM dan Layanan Korporasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Wing Antariksa mengatakan, ASDP secara konsisten telah melakukan kerjasama pendidikan vokasi di bidang kemaritiman dengan sejumlah Politeknik dan atau Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan Swasta sejak tahun 2013.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 70 Tahun 2013 Pasal 18 tentang Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi serta Dinas Jaga Pelaut.

Adapun di tahun 2018 kerjasama ini disempurnakan kembali melalui PMMB di Lingkungan Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam bentuk Penandatangan Nota Kesepahaman dengan 6 (enam) Politeknik dan atau Balai Pendidikan Pelatihan Ilmu Pelayaran seperti BP2IP Sorong, BP2IP Malahayati Aceh, BP2IP Tangerang, BP2IP Barombong, Poltekpel Surabaya dan Poltekpel Sumatera Barat.

"Kami sangat concern dalam meningkatkan kualitas SDM melalui program pendidikan dan pelatihan yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan pelatihan Perhubungan Laut serta peningkatan kualitas program pendidikan dan pelatihan melalui metode e-learning sesuai aturan yang berlaku. Untuk tahun 2019 ini, kerjasama kembali ditingkatkan dengan menambah mitra yaitu BDP Minahasa Selatan. Kini, ada 7 institusi pendidikan yang dapat berpartisipasi dalam PMMB di ASDP," tuturnya.


Selain program vokasi kemaritiman, sejak tahun lalu, ASDP telah melaksanakan program magang untuk mahasiswa dengan konsentrasi umum tingkat PTN/PTS di seluruh Indonesia. Tiap tahun tren rekrutmennya meningkat.

Salah satu perwakilan PMMB dari SMK Wisudha Karya Kudus, Muhammad Ibnu Isya mengaku
sangat senang dan mengapresiasi kesempatan yang diberikan untuk mengikuti praktek laut di ASDP.

"Terima kasih kepada ASDP, selama melaksanakan praktek laut, banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapat. Kami sangat beruntung dapat praktek laut di perusahaan bonafit sekelas ASDP yang telah menyediakan jasa penyeberangan berkualitas dan menjadi salah satu icon perusahaan ferry terfavorit di Indonesia,"ujarnya.

Ibnu berharap kedepannya ASDP membuka lebar kesempatan bagi para pelajar praktek laut.

 "Semoga, setelah kami, para generasi muda bangsa lulus nanti bisa mengabdi dan mendapat kesempatan berkarya di ASDP," katanya.

Senada, perwakilan PTN Poltekpel Malahayati Banda Aceh, Budi Habibi Nasution menyampaikan apresiasi kepada ASDP atas kesempatan praktek laut di kapal ASDP, khususnya kepada seluruh crew yang telah mengajarkan banyak hal.

"Selama di atas kapal kami juga diajarkan tentang kerja sama tim, cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain dan peduli dengan lingkungan sekitar. Harapan kami, ASDP terus meningkatkan kualitas pelayanan jasa penyeberangan, sehingga menjadi satu-satunya jasa penyeberangan favorit untuk masyarakat Indonesia. Tentu, saya berharap setelah lulus nanti
dapat bergabung kembali di ASDP untuk mengabdi dan berpatisipasi dalam meningkatkan jasa penyeberangan," kata Budi.

PMMB ini dapat pula menjadi salah satu alternatif rekrutmen SDM laut dan kerjasama lainnya di bidang Pengembangan SDM. Program ini melalui serangkaian uji seleksi seperti seleksi kesediaan, domisili, jurusan dan terutama masa studi yang telah memasuki tahap akhir pembelajaran di institusi pendidikannya. Perlu disampaikan juga bahwa bagi peserta PPMB lulusan terbaik di masing-masing institusi pendidikannya, diberikan kesempatan untuk langsung mendapatkan pengangkatan sebagai calon karyawan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan diskusi sekaligus penandatanganan MoU PMMB ini antara lain, Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan SDM Laut Kementerian Perhubungan Capt. Dian Wahdiana, Direktur SDM dan Layanan Korporasi Wing Antariksa, Capt. Mochamad Haryanto, Nakhoda KMP. Portlink III dan perwakilan peserta PMMB Bidang Laut
dari Poltekpel Sorong, Suhudi, Direktur Poltekpel Malahayati Heru Widada, Wakil Direktur I Poltekpel Sumatera Barat Capt. Faisal Saransi, Direktur Poltekpel Banten Joni Turiska, Direktur Poltekpel Barombong Capt. Sugiyono, dan Kepala BP2IP Minahasa Selatan M. Syukri Pesilette serta disaksikan seluruh mahasiswa peserta PMMB yang saat ini sedang bertugas dengan penugasan di Kantor Pusat, Cabang Merak dan Cabang Bakauheni ASDP.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here