Ditjen Hubdat Resmikan Tiga Peningkatan Layanan AKAP - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Ditjen Hubdat Resmikan Tiga Peningkatan Layanan AKAP

Ditjen Hubdat Resmikan Tiga Peningkatan Layanan AKAP

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) -  Peningkatan layanan kepada masyarakat untuk menggunakan bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) terus dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Kementerian Perhubungan. Kali ini melalui pelaksanaan sistem e-ticketing, penerapan seragam dan atribut pengemudi, serta layanan  angkutan Jogja, Solo, Semarang (JOGLOSEMAR) dan Trans Sumatera.

Peresmian pelakasanaan peningkatan layanan itu berlangsung  bersamaan usai acara pelepasan mudik gratis Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Sabtu siang (21/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, menyatakan peningkatan layanan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk leebih mudah mendapat pelayanan,  menghargai profesi yang berpengaruh dalam mengemudi serta adanya pelayanan bus yang lebih baik lagi dari yang sudah ada.

“Jadi penumpang yang ingin membeli tiket bisa langsung pesan secara on line. Setelah itu datang ke terminal tinggal chek ini, Lalu masuk ruang tunggu keberangkatan bus. Pengemudi dengan seragam yang barunya itu semakin memiliki kebanggaan dan masyarakat pengguna bus bisa memilih bus yang pelayanannya lebih baik lagi,” jelas Budi Setiyadi atas adanya peningkatan tiga pelayanan itu.

Untuk tahap awal, sambung Budi Setiayadi, penerapan sistem e-ticketing pada Terminal Terpadu Pulo Gebang . Dan selaanjutnya secara bertahap akan diterapkan di semua terminal yang melayani bus AKAP.

“Jadi saat ini semua terminal yang melayani AKAP ( Terminal Tipe A) dipersiapkan untuk mempunyai sarana dan sumberdaya manusia yang mampu menerapkan sistem e-tiketing,” kata Budi Setiyadi.

Awak Angkutan Berseragam

Budi Setiayadi yang juga meresmikan pelaksanaan pengemudi menggunakan seragam, mengungkapkan tujuannya untuk lebih meningkatkan pandangan profesi pengemudi untuk lebih baik lagi. Para pengemudi diajak untuk melakukan perubahan karakter, budaya dan pemikiran mengenai profesinya.

“Dengan seragam khusus yang desainnya sama seperti profesi pilot tentunya diharapkan ada kebanggaan pada pengemudi pada profesi, semakin lebih menghargai sehingga berpengaruh pada kegiatan mengemudi lebih perhatian pada aspek keselamatan,” paparnya.

Adapaun dengan peresmian pelayanan Angkutan JOGLOSEMAR dan Trans Sumatera dimaksudkan untuk melayani angkutan eksekutip, dengan persyaratan khusus. Layanan ini dalam rangka meningkatkan layanan pada  perusahaan bus yang telah eksisting melayani trayek tersebut.

“Karena dari terminal asal akan berhenti di terminal tujuan saja,” kata Budi Setiyadi.
(Abu Bakar )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here