53 Bus Gratis Nataru 2019 Diberangkatkan Dari Terminal Pulo Gebang dan 5 Terminal Lainnya - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
53 Bus Gratis Nataru 2019 Diberangkatkan Dari Terminal Pulo Gebang dan 5 Terminal Lainnya

53 Bus Gratis Nataru 2019 Diberangkatkan Dari Terminal Pulo Gebang dan 5 Terminal Lainnya

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi memberangkatkan sebanyak 53 bus dengan penumpang sebanyak  2.120 orang, dalam rangkaian mudik gratis angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/12).

Selain penumpang umum yang ikut dalam bus gratis itu, terdapat juga penumpang penyandang disabilitas. Ketersediaan bus mudik gratis untuk penyandang  disabilitas merupakan yang pertama kalinya.

Budi Setiyadi dalam sambutan pelepasan mudik gratis ini mengatakan, sejak pembukaan pendaftaran mudik gratis pada 18 Nopember sampai 18 Desember tahun ini, peserta mencapai 100 persen dari kapasitas yang tersedia.

“Untuk itu diharapkan tahun depan jumlah bus bisa ditingkatkan, mengingat selama  pelaksanaan jumlah bus tetap yakni 50 bus, dan diharapkan tahun depan bisa 100 bus” ungkap Budi Setiyadi dalam sambutan pelapasan mudik gratis itu, yang disambut tepuk tangan pemudik.

Terhadap layanan mudik gratis untuk disabilitas Ditjen Hubdat  menyatakan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengingat yang ingin mudik juga dari penyandang disabilitas. Dan layanan untuk disabilitas akan terus berlangsung.

"Kita juga harus ingat bahwa ada saudara kita penyandang disabilitas yang akan mudik, untuk itu kita siapkan kendaraan," ujar Budi Setiyadi.

Sebanyak  53 bus mudik gratis yang diberangkatkan itu dengan  tujuan, Semarang (5 bus), Yogyakarta (15 bus), Solo (23 bus), Boyolali (3 bus), Malang (2 bus), Purwokerto (1 bus), dan Surabaya (1 bus). Sedangkan untuk disabilitas melayani kota tujuan Solo​​, terdiri dari tiga bus (1 Bus Akses, 1 Bus Elf, 1 Bus Medium). Untuk peserta disabilitas terdiri dari tunanetra​ 36 orang, pemakai kursi roda​ 6 orang, serta pendamping​ 7 orang.

Selain Terminal Pulau Gebang, pemberangkatan Bus Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru juga dilakukan serentak dari Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Kalideres, Terminal Poris Plawad.

Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Hubdat,  Ahmad Yani dalam laporannya menyatakan, layanan mudik gratis ini  bekerjasama dengan PT. Jasa Raharja. Dan berdasarkan pengalaman  pelaksanaan mudik gratis Nataru 2018 berjalan dengan lancar dan sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan mudik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. pada sambutannya juga menyambut baik atas  program mudik gratis yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat ini, karena membantu dan memudahkan masyarakat untuk mudik.

“ Nantinya untuk mendukung kemudahan akses untuk penyandang disabilitas, kami akan melakukan revitalisasi terminal." Katanya,

Hadir pada acara itu Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Ditjen Hubdat, Risal Wasal, Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Perwakilan Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA), Perwakilan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Inisiator Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) Ilma Sovri Yanti.
(Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here