Kapal Patroli KPLP Dari Mengamankan Kespel Siap Mengamankan Kedaulatan NKRI - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kapal Patroli KPLP  Dari Mengamankan Kespel Siap Mengamankan Kedaulatan NKRI

Kapal Patroli KPLP Dari Mengamankan Kespel Siap Mengamankan Kedaulatan NKRI

Share This

Bintan (wartalogistik.com) –  Kapal-kapal patroli yang dioperasikan Pangkalan Penjaga Laut (PLP) Tanjung Uban  siap menjadi salah satu pendukung menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ketika sedang mendapat ancaman, seperti yang terjadi  di Laut Natuna.

Sebagaimana diketahui Laut Natuna dimasuki sejumlah nelayan-nelayan dari China yang mendapat kawalan dari Coast Guard China. Atas Keadaan itu TNI AL langsung merespon untuk mencegah dan mengusirnya. Namun nelayan dan Coast Guard China masih berada di perairan yang masuk batas ZEE itu.

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Capt. Handry Sulfiat menyatakan, ketika keadaan Laut Natuna sedang menghadapi masalah, Direktur KPLP, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Ir. Ahmadi langsung mengarahkan  untuk siap siaga menghadapi perkembangan keadaan di Laut Natuna kapada jajarannya, termasuk jajaran Pangkalan PLP Tanjung Uban.

“Atas arahan itu kami langsung  siaga,” kata Capt. Handry Sulfian.

Saat itu kegiatan kapal-kapal patroli, tambah Capt. Handry sedang melakukan pengawasan dan pengamanan (Waspam) angkutan Nataru (Natal 2019 dan Tahun Baru 2020) di wilayah kerja. Atas arahan Direktur KPLP juga kapal KN Sarotama P – 112 untuk melakukan kegiatan Waspam sampai di perairan Natuna.

“Menindaklanjuti arahan pimpinan, maka KN Sarotama P – 112 diperluas Waspam keselamatan pelayaran (Kespel) ke perairan Natuna. Kapal berangkat pada Jum’at (3/1) dan tiba di perairan Natuna Minggu (5/1),” kata mantan KSOP Muara Angke itu.

Sementara itu   Satuan Tugas Gugus Tempur (Guspurla)  Armada I TNI AL mengundang   Rapat Koordinasi Awal Rencana Operasi Bersama pada hari Minggu  (5/1)  pukul 13.30 sampai  14.30 WIB di KRI Usman Harun. Rapat dipimpin Komandan Guspurla Armada I, Laksamana Pertama Didong.

Komandan KN Sarotama P – 112 pun mendapat undangan.  Undangan juga ditujukan ke Aslog Guspurla Kolonel Laut (T) Basuki. Asops Guspurla Kolonel Laut (P) Alfred. Komandan KRI Usman Harun Kolonel Laut (P) Himawa. Komandan KRI Jonli Kolonel Laut (P) Andri. Komandan KRI Tjiptadi Letkol Laut (P) Dadan. Komandan KRI TUM Letkol Laut (P) Bagus. Komandan KN. Tanjung Datu Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono. KKM KN. Tanjung Datu Letkol Bakamla Maswir. Komandan KPLP KN. Sarotama Capt. Putra Wardana .  Palaksa KPLP KN. Sarotama Darmawan.
Adapun tujuan rapat mengantisipasi situasi Laut Natuna Utara dan menciptakan keadaan yang kondusif di kawasan Laut Natuna. Hasil rapat menetapkan semua kapal patrloi siaga di perairan Natuna, termasuk KN Sarotoma P – 112.

Capt. Handry Sulfian, juga mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu rutin melakukan patroli sampai ke perairan  Natuna, karena  menjadi salah satu wilayah sesuai tupoksinya.

Ia mengatakan, KPLP selalu siap siaga untuk menegakan aturan di laut sesuai amanat UU No 17/2008 tentang Pelayaran sekaligus melakukan pengamanan laut.

“Oleh karena itu ketika mendapatkan arahan pimpinan agar jajaran kami memperluas patroli ke perairan Natuna,  jajaran kami siap. Selanjutnya dengan  masuknya kapal patroli Kemenhub di tim pengamanan perairan Natuna yang  merupakan bentuk tanggung jawab negara terhadap pengamanan laut Natuna kami juga siap,” kata Capt Handry.

Ditambahkannya, hal itu sesuai dengan semboyan KPLP  “Dharma Jala Praja Tama dengan arti "Sebagai Insan Bahari selalu berusaha menjalankan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara," tutup Handry.

Selain KN Sarotama P 112 disiapkan juga KN Kalimasadha P 115 yang rencananya akan diberangkatkan pada hari Jum'at (10/1) (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here