Status Aman Dari Virus Korona, Satu Kapal Barang Yang Datang Dari China Di Pelabuhan Makassar - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Status Aman Dari Virus Korona, Satu Kapal Barang  Yang Datang Dari China Di Pelabuhan Makassar

Status Aman Dari Virus Korona, Satu Kapal Barang Yang Datang Dari China Di Pelabuhan Makassar

Share This

Jakarta (wartalogistik.com). Pencegahan masuknya wabah penyakit dari virus Korona juga berlangsung di pelabuhan Makassar. Kegiatan pemeriksaan khusus pada kapal-kapal yang datang dari China berlangsung di kapal dan  dengan memasang  alat deteksi panas tubuh atau Thermal Scaner di terminal penumpang oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Menurut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah kegiatan pemeriksaan kapal-kapal yang datang dari China sudah berlangsung sejak Jum’at (24/1). Hasilya tidak ditemukan adanya kapal dan awak kapal yang berpotensi terkena virus Korona.

 “Saat ini baru satu kapal yang berasal dari China yang kami periksa, dan tidak ada yang terindikasi terinfeksi virus Korona,” ungkap Rahmatullah yang dihubungi via telepon seluler, di Makassar, Senin (27/1).

Lebih jauh diungkapkan, atas keadaan itu di Pelabuhan Makassar keadaan masih aman dan terkendali dari masuknya pembawa virus Korona, karena tiap kapal dari China yang akan masuk pelabuhan akan melalui pemeriksaan kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Kami mendukung pemeriksaan kesehatan dan mendampingi pada saat pemeriksaan kesehatan awak kapal,” ungkap Rahmatullah.

Dikatakan juga, kegiatan pemeriksaan kesehatan pada awak kapal yang datang dari China merupakan tindak lanjut dari instruksi Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, agar kawasan pelabuhan terbebas dari menyebarnya wabah penyakit. Dan pemeriksaan tersebut akan berlanjut terus. Kegiatan pemeriksaan terkordinasi dengan sejumlah instansi yang mempunyai kewenangan pemeriksaan pada kapal.

"Selama ini kegiatan pemeriksaan kapal dan awaknya pada kapal-kapal internasional berlangsung sebagaimana ketentuan yang berlaku. Namun sejak merebak wabah penyakit yang berasal dari virus Korona lebih ditingkatkan lagi dengan melakukan pemeriksaan di kapal paa kapal yang datang dari China, agar sejak dini bisa mencegah jika di kapal dan awaknya berpotensi membawa vius Korona," tandas Rahmatullah.
(Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here