Aria Sinulingga Apresiasi PT KIM Berdayakan Masyarakat Desa Pematang Johar - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Aria Sinulingga Apresiasi PT KIM Berdayakan Masyarakat Desa Pematang Johar

Aria Sinulingga Apresiasi PT KIM Berdayakan Masyarakat Desa Pematang Johar

Share This


Medan (wartalogistik.com) – PT. Kawasan Industri Medan/ KIM  (Persero) melalui kegiatan kemitraan bina lingkungan  memberdayakan masyarakat di Desa Pematang Johar, Kabupaten Deli Serdang, Medan, agar tercipta kawasan pertanian menjadi kawasan wisata yang bernilai tambah bagi masyarakatnya.

Atas kegiatan itu Staf Khusus Meneg BUMN, Aria Sinulingga dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pun mengapresiasi positip dengan hadir untuk meresmikan awal adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat itu pada Senin (3/1). Hadir dalam acara itu Bupati Deli Serdang dan wakilnya, Kepala Desa Pematang Johar  serta para perangkat desa dan masyarakat.

Pada kesempatan itu   Aria Sinulingga, mengungkapkan, dirinya yang juga anak medan akan  berusaha, sesuai dengan perannya untuk mendukung kegiatan  BUMN memberdayakan masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam salah satu tupoksi BUMN yang berada di masyarakat.

“Kegiatan memberdayakan masyarakat merupakan amanah Presiden Jokowi, yang ditindaklanjuti Meneg BUMN, Erick Tohir melalui peran BUMN dalam menciptakan SDM unggul,” ungkap Aria Sinulingga.

Ia pun mengarahkan dalam menciptakan SDM unggul tentunya disiapkan sarana seperti sekolah unggulan, Pusat UMKM yang berperan memberikan bantuan pada pengusaha kecil dan menengah yang ada di masyarakat sekitar.

“ Sangat penting dan menjadi kewajiban juga  menciptakan mata rantai distribusi hasil produksi dan jasa, atas kegiatan masyarakat sehingga   proses ekonomi masyarakat untuk menghasilkan nilai tambah tidak terhambat,” ungkap Aria Sinulingga.

Ia mencontohkan  hasil produksi masyarakat yang akan dikirim ke berbagai daerah bisa ditangani oleh  Kantor Pos dalam proses pengirimannya, kemudian disambung melalui peran  PT KIM selaku pengumpul barang dan akhirnya kegiatan distribusi barang ke berbagai daerah melalui  pengapalan di Pelindo 1. 

“Proses itu menunujukan adanya  sinergi. Dan ini harus terus besirkulasi, dari masyarakat maupun sesama BUMN,  sehingga  tidak menimbulkan biaya tinggi,” tandas  Aria.

Apa yang diungkapkan Aria Sinulingga memang sesuai dengan harapan masyarakat Desa Pematang Johar. Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Sudarman  mengatakan, selama ini  masyarakat  di desa ini selalu  melihat orang dari berbagai daerah  datang untuk melihat keindahan alam desa.

“ Kemudian terfikir  bagaimana caranya orang lain bisa melihat dan datang ke Desa Pematang Johar ini, Atas pemikiran maka muncul harapan dan rencana  menata desa  sawah ini agar bisa dinikmati oelh orang-orang yang ingin menikmati alam dan lingkungan yang indah,” jelas Sudirman. 

Penataan desa yang selama ini dilakukan masyarakat memang sudah terbukti. Desa itu sudah dikunjungi sebanyak 4700 orang  dari dalam dan luar negeri, seperti dari Australia dan negara kawasan Asia lainnya,

“ Jika penataannya mendapat dukungan dari kegiatan kemitraan bina lingkungan   PT Kim, tentunya akan lebih berkembang lagi,” ungkapnya.

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, pun mengungkapkan rasa  bangga dengan Kades Pematang Johar yang  sangat kreatif.

“Selain itu juga konsep dan pendekatan pada apa yang akan dan sudah dilakukannya dapat tercapai,” ungkap Ashari .

Peran PT Kim (Persero) , merupakan BUMN yang  salah satu perannya menyiapkan sarana lokasi kawasan industri di Medan,
mendukung penumpukan barang di lokasi sebelum dikapalkan  di pelabuhan Belawan  dengan kapal  antar pulau/domestik dan luar negeri atau  ekspor impor.

(Hj. Zulidarni Suratman)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here