DPP Inampa dan Pelni Cabang Medan Saling Apresiasi Perannya - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
DPP Inampa dan Pelni Cabang Medan Saling Apresiasi Perannya

DPP Inampa dan Pelni Cabang Medan Saling Apresiasi Perannya

Share This

Medan (wartalogistik.com) - Kepala Cabang Pelni PT, Pelayaran Nasional Indonesia (PERSERO) , M Lufti Israr Sutan , menerima kunjungan DPP Inampa , Internasional Marine Pilot Asosiation , melalui president nya Pasoroan Herman Harianja dan beserta staf, diruang kerja , kantor Pelni jalan Krakatau Medan.  

Pada pertemuan itu, Lutfi Israr Sutan menjelaskan mengenai tupoksi yang dilakukan kantor cabang, wilayah kerjanya  yang meliputi  Aceh dan Sabang, serta melayani kapal kapal turis dari luar negeri.

Selain itu juga diungkapkan, Pelni sangat respon atas kegiatan pemanduan laut yang berlangsung selama ini, apalagi yang bertugas di Belawan , sangat profesional.  Hal itu terlihat di keserariannya melakukan olah gerak kapal dalam dan luar negeri, yang sandar di pelabuhan Belawan. 

“Kapal Kelud yang setiap Selasa, keluar masuk dipandu  Pilot Pelindo 1 cabang Belawan, selama ini mendapat layanan yang sangat baik sehingga kegiatan penyandaran kapal dan keluar pelabuhan berlangsung lancar,” katanya.

Selain itu juga M. Lufti yang belum berapa lama tugas di Belawan melihat terminal penumpang Bandar Deli  cukup kondusif. Kawasan  terbatasnya untuk turun naik penumpang juga sudah tertata baik.  

“Kegiatan pemanduan  dan layanan di pelabuhan yang ada di Belawan sangat mendukung kelancaran kegiatan layanan Pelni selama ini, ” ungkapnya.

M. Lutfi juga menjelaskan mengenai kegiatan layanan sudah melalui ketentuan dari kantor Pelni pusat, sehingga di cabang sebatas melakukan operasional yang sudah ditetapkan dan berlaku juga untuk cabang-cabang lainnya di seluruh Indonesia.

Misalnya terkait kapasitas yang tersedia di kapal untuk  penumpang , kata lufti, telah diatur melalui pusat, termasuk ketentuan satu tempat satu orang. Jika terjadi kepadatan, maka untuk ada menerima penumpang naik kapal yang melebihi seat ( tempat) yang disediakan, melalui ketentuan dari kantor Pelni pusat.

“Tempat  penjualan tiket sudah diatur, sebagian di serahkan kepada berbagai travel yang bermitra. Selain itu penjualan tiket juga dilakukan melalui loket pembelian tiket yang disediakan di  kantor Pelni cabang Medan,” ungkapnya.

Terkait proses pengiriman barang melalui Palka dan container, Lutfi juga menjelaskan, Pelni juga menerima dalam bentuk peti kemas maupun melalui palka. Untuk itu pemilik barang yang melalui palka harus menyiapkan barang dalam bentuk kemasan yang sudah rapi. Sedangkan untuk barang bawaan penumpang juga ditetapkan ketentuan batasannya yang bisa naik ke kapal.

“Semua kegiatan pengiriman barang pembayarannya melalui sistem perbankan,” ungkapnya.

Atas penjelasan Kepala Cabang Medan PT Pelni itu, Pasoroan Herman Harianja sangat mengapresiasi perannya  yang melayani penumpang maupun barang secara maksimal.

Herman Harianja juga menjelaskan peran Inampa, perwakilan  dan program ke depannya, dalam membina petugas pandu laut lebih baik lagi dengan mambangun konsep kerja jemput bola, karena bertindak sebagai duta bangsa.

Herman juga menjelaskan Inampa dalam kegiatannya juga mengikuti perkembangan asosiasi pandu dunia. Hal itu ditunjukan dengan mengikuti  kongres, Inampa negara Asia Pasifik tahun 2017, di Bali. Lalu di Australia tahun 2019, dan tahun 2021. Dan yang ke 3, akan berlangsung di Mexico. 

“Jadi pandu Indonesia mendapat pengakuan internasional, malahan ada beberapa pandu di pakai oleh negara Asia fasifik,”
ungkapnya.

 (Hj. Zulidarni Suratman/Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here