Kantor KSOP Marunda Siapkan Layanan Inaportnet - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kantor KSOP Marunda Siapkan Layanan Inaportnet

Kantor KSOP Marunda Siapkan Layanan Inaportnet

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan sedang bergiat agar unit pelaksana teknis (UPT) nya menggunakan sistem online melalui program Inaportnet. Salah satunya  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Kelas IV Marunda yang sedang mempersiapkan layanan pada penggunjasanya pada program on line tersebut, layanan yang sekarang sudah bisa on line adalah pembuatan dan perpanjangan buku pelaut.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan uji coba atas layanan Inaportnet itu. Dan tahun ini targetnya sudah bisa ditetapkan” kata Kepala Kantor KSOP Marunda, Iwan Sumantri, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Lebih jauh Iwan Sumantri menyatakan sejak tahun lalu persiapan agar bisa menyelenggarakan layanan secara on line sudah berlangsung. Persiapannya berupa kesiapan sistem pada perangkat kerasnya, seperti kesiapan komputer dan jaringannya, sistem layananannya sampai pada meningkatkan kemampuan sumber daya manusia untuk mengoperasikan layanan on line nya.

“Satu  persatu jenis layanan sedang disiapkan masuk pada kesisteman on line itu, dengan  begitu ketika ditetapkan pelabuhan Marunda sebagai pelabuhan yang menerapkan sistem Inaprtnet, semua layanan yang berbasis on line sudah bisa dilakukan dengan baik,” ungkap mantan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Baju mapun Indramayu.

Selain itu juga tambah Iwan Sumantri,  persiapan juga dilakukan pada pengelola pelabuhan maupun instansi mitra yang ada di pelabuhan Marunda.

“jadi semua pihak yang ada di pelabuhan Marunda sedang mempersiapkan diri untuk menerapkan layanan dengan sistem Inaportnet,” jelas Iwan Sumanteri.

Menyangkut dengan pengguna jasa kepelabuhanaan, Iwan Sumanteri juga menyatakan sudah menyosialiasikannya, sehingga sejumlah pengguna jasa, baik operator angkutan laut, usaha penunjang juga sedang mempersiapkannya,  baik perangkat keras maupun lunaknya untuk mengikuti perkembangan layanan yang berlangsung di pelabuhan.

“Operator kapal, keagenan maupun usaha penunjang selama ini terus berkomunikasi dalam rangka mepefsiapkan pada layanan on line tersebut,” ungkap Iwan Sumantri.

Atas persiapannya itu, Iwan Sumanteri menyatakan tahun ini penerapan sistem Inpaortnet sudah bisa dilakukan di di pelabuhan Marunda.

Saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah menetapkan 33 pelabuhan yang sudah melangsungkan layanan dengan sistem Inaprtnet.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here