KSU Pelabuhan Tanjung Priok Layani Pembuatan Pas Kecil - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSU Pelabuhan Tanjung Priok Layani  Pembuatan Pas Kecil

KSU Pelabuhan Tanjung Priok Layani Pembuatan Pas Kecil

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok tidak hanya melayani pengurusan dokumen kapal-kapal peti kemas maupun kapal niaga berukuran besar saja, tapi juga kecil. Itu terlihat dengan adanya penyerahan pas kecil pada 7 kapal berukuran dibawah 7  gros ton (GT) yang dimiliki warga Kelurahan Cilincing yang berprofesi sebagai nelayan, setelah melalui proses pendaftaran dan pengukuran yang berlangsung  pada tanggal 20-22 Pebruari 2020.

Selain itu juga diserahkan  endorsement (pengesahan surat kapal yang lama) kepada 28 kapal, dan lampiran pas kecil (surat kapal sebelum terbit pas kecil) kepada 35 kapal nelayan.

Penyerahan pas kecil  dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta disaksikan jajarannya kepada para nelayan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (22/2).

Seusai acara penyerahan pas kecil, petugas pengukuran dari Direktorat Perkapalan dan Pengukuran (Dirkapel) dan KSU Pelabuhan Tanjung Priok melakukan pengukuran pada sejumlah kapal nelayan lainnya yang sudah disiapkan  di dermaga TPI Cilincing.

“Pengukuran dilakukan pada kapal-kapal yang sudah didaftarkan dan memenuhi persyaratan. Dan layanan masih terus berlangsung, bagi kapal-kapal yang belum memiliki pas kecil,  silahkan daftar dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan,” kata Capt. Hermanta yang ikut menyaksikan langsung pengukuran didamping Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi  Kapal, Stefanus Rudianto.

Setelah kapal di daftar, pihak petugas dari Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Utama Tanjung Priok akan melakukan pengukuran.

“Tentunya kita kordinasi waktu pengukuran agar kapal dan petugas yang mengukur bisa terjadwal.  Kami ingin kapal-kapal yang ada disini seluruhnya memilik pas kecil,” katan Capt. Hermanta.

Perlunya koordinasi mengenai jadwal pengukuran mengingat kapal-kapal nelayan setiap harinya melaut, sehingga menunggu waktu sandarnya. Sedangkan petugas pengukurannya juga terbatas dan mempunyai kegiatan yang padat juga.

“Jadi dibutuhkan kordinasi dan komunikasi antara kordinator nelayan disini dengan kami agar kegiatan pengukuran bisa berlangsung seperti kegiatan saat ini,” kata Capt. Hermanta.

Capt. Hermanta mengakui sambutan nelayan atas pembuatan pas kecil sangat baik, dengan banyaknya nelayan yang  mendaftarkan kapalnya.  Selain itu juag, katanya, kegiatan ini atau layanan melalui gerai, untuk lebih mendekatkan layanan ke masyarakat dan sekaligus menunjukan kehadiran pemerintah sebagai diamanatkan Presiden, Menteri Perhubungan untuk berada di tengah-tengah masyarakat.

Di kawasan Cilincing dan Kalibaru jumlah kapal tradisional mencapai 800 kapal, yang sudah mendapatkan pas kecil sekitar 400 kapal. Selanjutnya daerah yang akan disasar untuk pembuatan pas kecil berikutnya adalah kawasan Kali Kresek Bogasari, Kalibaru dan Kali Japat Ancol.

Kegiatan penyerahan pas kecil merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki program Si Patimeh (Sistem Pelayanan Terpadu Insan Maritim yang Efisien dan Handal). Sejak program ini berlangsung sebulan yang lalu di dermaga Arsa, Pelabuhan Tanjung Priok sudah berhasil dibuatkan 53 kapal-kapal yang ada di lokasi itu. Kapal di lokasi dermaga Arsa yang mendapatkan pas kecil adalah kapal-kapal yang melayani pelaut yang kapal-kapal sedang labuh.

Atas adanya pembukaan gerai layanan  pembuatan pas kecil di TPI Cilincing para nelayan mengakui sangat terbantu karena para nelayanan bisa mendaftar kapal-kapalnya dengan mudah, cepat ena petugasnya yang datang ke tempat lokasi kapal untuk membantu pendaftaran, kemudian diukur sampai akhirnya jadi pas kecil.

“Kapal setiap harinya kelaut mencari ikan, sehingga sulit untuk diukur. Jadi dengan adanya  pelayanan seperti ini yakni pada hari libur sangat membantu sekali, ” kata Danu.

 (Abu Bakar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here