Pelabuhan Kotabaru Terapkan Layanan Inaportnet - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pelabuhan Kotabaru Terapkan Layanan Inaportnet

Pelabuhan Kotabaru Terapkan Layanan Inaportnet

Share This

Batulicin (wartalogistik.com) – Satu persatu layanan di sejumlah pelabuhan bertambah menggunakan sistem on line yang terintegrasi. Yang baru memulai adalah  Pelabuhan Kotabaru, Batulicin, menjadi pelabuhan  yang ke 33 dalam menerapkan sistem inaportnet.

Hal ini ditandai dengan diselenggarakannya Go Live Penerapan Sistem Inaportnet di Pelabuhan Kotabaru oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru bertempat di Hotel Ebony, Kalimantan Selatan, Rabu (19/2).


Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko, ketika meresmikan penerapan sistem on line itu menyatakan,  penerapan sistem Inaportnet di Pelabuhan bertujuan untuk meningkatkan pelayananan kapal dan barang, mempermudah melakukan pengawasan, pengendalian dan pengaturan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan, serta mempermudah memperoleh data dan yang utama adalah mendukung terciptanya keselamatan berlayar.

“Sistem ini mempermudah, karena mengintegrasikan aplikasi pada bidang kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh Instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan, termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan (BUP), pergerakan PBM, JPT dan Terminal Operator,” tambahnya.

Menurut Capt. Wisnu, penerapan sistem Inaportnet di Pelabuhan Kotabaru-Banjarmasin telah dilakukan dalam beberapa tahapan, yang dimulai dengan melakukan koordinasi awal Penerapan Inaportnet pada tanggal 20 September 2019.

“Selanjutnya, telah dilaksanakan pula Training of Trainer (ToT) kepada para pegawai Kantor KSOP Kelas III Kotabaru pada 2 Oktober 2019,” jelas Wisnu.
(Abu Bakar)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here