Untuk Tingkatkan Peran, Pangkalan PLP Tanjung Priok Butuh Tambahan Kapal - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Untuk Tingkatkan Peran, Pangkalan PLP Tanjung Priok Butuh Tambahan Kapal

Untuk Tingkatkan Peran, Pangkalan PLP Tanjung Priok Butuh Tambahan Kapal

Share This

Jakarta (wartalogistikk.com) -  Untuk meningkatkan perannya dalam menjalankan tugas, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok membutuhkan dukungan armada, mengingat kegiatan dalam menjalankan penegakan hukum keselamatan dan keamanan pelayaran semakin meningkat.

Hal itu diungkapkan Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Elwin Refindo S. Ap, MM, ketika berlangsung kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai)  ke  47 dan Pangkalan PLP ke 32 di kantornya, Jum’at (14/2).

Hadir juga di acara donor darah, Kepala Subdit Penanggulangan Musibah dan Pencegahan Bawah Air, Dit KPLP. Een Nurani.

Secara rinci  Elwin Refindo menyatakan meningkatnya kegiatan  bukan saja karena semakin tinggi  pelanggaran atau adanya meningkatnya kecelakaan di wilayah tugasnya, melainkan juga untuk mendukung bantuan dari sejumlah Pangkalan PLP yang ada maupun instansi lainnya.

“Jumlah kapal memang cukup ideal menjangkau daerah tugas, namun terbuka kemungkinan memberikan dukungan dari pangkalan lain yang ada,” ungkap Elwin.
Saat ini Pangkalan PLP ada 5 pangkalan, yakni Pangkalan PLP Tanjung Priok, Tanjung Priok, Bitung, Tanjung Perak dan Tual.

Untuk meningkatkan kesiapan menjalankan tugas, Elwin Refindo juga menyatakan jajarannya terus mendapat pelatihan agar meningkat kompetensi teknis maupun mentalnya. Saat ini untuk kegiatan Diklat dilakukan pada lembaga diklat kedinasan yang ada di Kemenhub dan Hubla. Misalnya untuk kegiatan keahlian teknis di BP2TL (Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut) di Depok dan untuk diklat pembentukan karakter berlangsung di Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan, Semplak Bogor.

“Kami juga terbuka melakukan kerja sama dengan TNI dalam rangka kegiatan diklat, baik TNI AD dan TNI AL,” ungkap Elwin Refindo yang pernah menjabat Kepala Pangkalan PLP Tual.

Sementara itu Kepala Seksi Operasi Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Jaka Dwi Cahyanta SE, ME M, Mar. menyatakan  kegiatan donor darah ini sebagai salah satu kegiatan dalam rangka HUT KPLP dan PLP sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kegiatan lainnya dalam memperingati HUT adalah bersih-bersih pantai dan puncaknya adalah Apel Siaga di terminal Tanjung Priok,” kata Jaka.

Sementara itu Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pangkalan PLP tanjung Priok Capt. M. Alamin Husin SE. MH. M. Mar, menyatakan kegiatan donor darah ini selain menghadirkan anggota PLP tanjung Priok juga mendapat dukungan dari jajaran Distrik Navigasi Tanjung Priok, KSOP Kepulauan Seribu, BKKP (Balai Kesehatan Kerja Pelayaran), BTKP (Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran).

“Selain itu juga kami membuat kegiatan sosialisasi kesehatan dengan pembicara dari BKKP dengan materi soal pengenalan virus corona dan pencegahannya,” ungkap Capt. Alamin Husin.

Abu Bakar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here