Kapal Pangkalan PLP Bitung Evakuasi 2 Jenazah ABK Repatriasi Kapal RRT - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kapal Pangkalan PLP Bitung Evakuasi 2 Jenazah  ABK Repatriasi  Kapal  RRT

Kapal Pangkalan PLP Bitung Evakuasi 2 Jenazah ABK Repatriasi Kapal RRT

Share This



 

Bitung (wartalogistik.com) –  Petugas kapal KN Pasotimpo P -212  milik Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Bitung melakukan prosesi pemindahan dua jenazah  ABK WNI yang kerja di kapal-kapal  RRT dari kapal Long Xing 601 dan Long Xing 610 di kawasan labuh ke dermaga Pelabuhan Bitung berjalan singkat dan lancar.


Dan, sebanyak 155 ABK lainnya diangkut dari kapal yang membawanya (kapal Long Xing 601 dan Long Xing 610 ) oleh  kapal LCT Calvin 08 & LCT Bintang Setiawan 89 menuju ke dermaga 

 

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Bitung, Johan Christoffel mengatakan bahwa Pangkalan PLP Kelas II Bitung pada kegiatan kali ini bertugas dalam mengevakuasi jenazah 2 ABK Indonesia dari kapal MV. Long Xing 601 yang saat itu berada di area labuh Jangkar Pelabuhan Bitung menggunakan KN. Pasatimpo – P.212 yang dinakhodai oleh Fadly Togas Djafar.

 

"Evakuasi tersebut berjalan cukup singkat hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit sejak KN. Pasatimpo P-212 menuju ke MV. Long Xing dari dermaga pelabuhan bitung sampai KN. Pasatimpo-P.212 kembali ke dermaga pelabuhan bitung dan kemudian 2 jenazah tersebut dibawah dengan mobil ambulance ke rumah sakit Bhayangkara Manado guna keperluan otopsi," jelas Johan.

 

Selain bertugas untuk mengevakuasi jenazah, Pangkalan PLP Kelas II Bitung juga ikut dalam pengamanan dan pengawasan alur pelayaran yang akan di lewati oleh kapal LCT Calvin 08 & LCT Bintang Setiawan 89 yang bertugas mengangkut 155 orang ABK Indonesia menuju ke dermaga.

 

Sebagai informasi sebelumnya : melalui pertemuan billateral RI-RRT, pada tanggal 16 September 2020 telah disepakati bahwa pemerintah RRT akan mendorong perusahaan pemilik kapal agar mengarahkan kapal kapalnya ke Indonesia dalam rangka repatriasi atau pemulangan ABK WNI dan Jenazah ABK WNI.

 

Sebagian besar kapal kapal ikan dari RRT saat ini beroperasi atau berada di wilayah Samudera Pasifik, sehingga jalur pemulangan ABK WNI ini dipandang tepat dan memadai untuk debarkasi di Pelabuhan Bitung.

 

(Abu Bakar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here