KN Chundamani Berhasil Evakuasi Korban Tubrukan Kapal di Perairan Lombok - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KN Chundamani Berhasil Evakuasi Korban Tubrukan Kapal di Perairan Lombok

KN Chundamani Berhasil Evakuasi Korban Tubrukan Kapal di Perairan Lombok

Share This

 


Surabaya (wartalogistik.com)  - Kapal patroli KN. Chundamani   P – 116, milik Pangkalan PLP  (Penjagaan Laut dan Pantai ) Kelas II Tanjung Perak, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan,  berhasil mengevakuasi korban tenggelamnya kapal penangkap ikan KM Kerindci Indah  02 yang tenggelam  di selatan pulau Lombok setelah mengalami musibah bertabrakan dengan MV. Cape Kallia, kapal besar  jenis bulk carrier, Rabu sore (17/11).

 

KM. Kerinci Indah  02 adalah kapal ikan dengan panjang 15 meter berbahan  model kayu dilapisi fiber dengan total awak 11 orang.

 

Proses evakuasi dilakukan berawal dari laporan yang datang melalui VTS Benoa. Atas laporan itu,  Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak, Mulyadi langsung memerintahkan kapal patroli KN. Chundamani P - 116 untuk melakukan operasi SAR pada saat itu juga.

 

Komandan kapal KN. Chundamani P -116 Capt. Eko Hadi S. merespon dan bergerak cepat menuju lokasi dan melakukan operasi ke titik evakuasi dengan koordinat  09°27'800" S/115°48'900" E.

 

Sesampainya di lokasi kejadian kapal patroli merapat ke MV Cape Kallia yang juga sedang melakukan pertolongan kepada KM. Kerinci Indah 02 yang saat itu sudah terbalik keadaannya.

 

Selain itu  juga berhasil dievakuasi 7 korban tenggelam  dan masih mencari 4 korban lainnya dari KM. Kerinci Indah 02.

 

KN. Chundamani P-116 juga langsung berkoordinasi dengan KSOP Lembar dan KSOP Benoa untuk proses evakuasi. Korban yang berhasil diselamatkan di evakuasi ke Pelabuhan Gilimas untuk penanganan selanjutnya.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here