Menhub Minta Muatan Tol Laut Meningkat di Kupang - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Menhub Minta Muatan Tol Laut  Meningkat di Kupang

Menhub Minta Muatan Tol Laut Meningkat di Kupang

Share This

 


Kupang (wartalogistik.com) –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong muatan balik dengan menggunakan kapal proyek Tol Laut semakin besar jumlahnya di Pelabuhan Kupang, Nusantara Tenggara Timur(NTT) terutama dari hewan ternak.

 

"Saya minta kepada jajaran Ditjen Perhubungan Laut (Ditjen Hubla)  terus meningkatkan sinergi dengan BUMN seperti PT Pelindo III, PT Pelni, dan pemerintah daerah untuk tingkatkan keterisian muatan balik tol laut. Dalam hal ini hewan ternak sapi banyak di Kupang, ini didorong untuk menjadi muatan balik kapal Tol Laut menuju barat," kata Menhub usai meninjau aktivitas sandar kapal Tol Laut di Pelabuhan Tenau yang dikelola PT Pelindo III, Kamis (12/11).

 

Di Kupang, Menhub mengadakan pertemuan secara terbatas dengan para stakeholder terkait untuk melakukan evaluasi untuk mendorong peningkatan muatan balik kapal Tol Laut khususnya dari Kupang.

  

Menhub menyebut Pemerintah Daerah menyatakan siap mendukung upaya peningkatan muatan tol laut dengan menyediakan barang-barang yang menjadi komoditas di Provinsi NTT.

 

"Pak Gubernur sudah siap mengisi muatan balik seperti garam, jagung, hingga sapi. Bahkan jika nanti ada yang ingin membangun pabrik pengolahan daging Pak Gubernur siap menyediakan lahan. Jadi sapi dipotong disini dan dibawa ke wilayah barat sudah dalam bentuk kemasan," jelasnya.

 

Untuk itu Menhub memberikan waktu satu minggu kepada jajarannya bersama BUMN terkait untuk menyampaikan laporannya tindak lanjutnya.

 

Selain muatan balik, Menhub juga berencana akan menjadikan Kupang sebagai hub and spoke dari program Tol Laut. Sehingga nantinya kapal dari Surabaya menuju Kupang akan diangkut secara komersial.

 

"Kupang nanti akan menjadi HUB, dari Surabaya ke Kupang akan menggunakan peti kemas komersial. Dari Kupang akan pindah ke kapal tol laut muter ke pelabuhan kecil. Dengan begitu maka kepastian waktu kedatangan kapal akan lebih terjamin,” ujarnya.

 

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here