Pelaut Bisa Daftar MCU di BKKP Secara Online Melalui BKKP Mobile - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pelaut Bisa Daftar MCU  di BKKP  Secara Online Melalui BKKP Mobile

Pelaut Bisa Daftar MCU di BKKP Secara Online Melalui BKKP Mobile

Share This





Jakarta (wartalogistik.com)- Bagi para pelaut yang akan periksa kesehatan di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, tidak perlu lagi datang ke kantor BKKP maupun kliniknya. Masyarakat khususnya pelaut untuk mendaftar pemeriksaan kesehatan cukup menginstal aplikasi BKKP Mobile, maka layanan pendaftaran bisa berlangsung.


Setelah terinstal aplikasi BKKP Mobile, maka akan terlihat 4  menu pilihan. Untuk mendaftar pemeriksaan kesehatan, maka klik  pendaftaran check up dan akan muncul tampilan membuat janji. Untuk membuat janji maka harus login terlebih dahulu layaknya masuk dalam aplikasi-aplikasi lain. Setelah terbuka maka akan langsung tertera format untuk pendaftaran lengkap dengan waktu pemeriksaan.


“Penerapan sistim pelayanan kesehatan secara online yang diberi nama “BKKP Moblle” ini adalah  langkah yang tepat, karena dapat mengubah proses layanan kesehatan yang  sebelumnya dilakukan secara manual menjadi pelayanan secara online dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP),” demikian disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Hermanta saat meresmikan “Aplikasi BKKP Mobile” secara virtual pada hari Senin, (9/11).

 

Menurut Capt Hermanta, saat ini perkembangan sistem Informasi begitu cepat dalam segala aspek kehidupan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini sehingga dampak teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengurangi tatap muka dan kerumunan masyarakat termasuk dalam sistem pelayanan kesehatan.

 

“Dengan diterapkannya pelayanan kesehatan secara online melalui “BKKP Mobile” ini, diharapkan mampu meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat khususnya para pelaut yang akan melakukan pendaftaran Medical Check Up (MCU) secara cepat dan efektif yang dapat di lakukan di mana pun berada,” kata Capt Hermanta.

 

Bagi para pelaut, lanjut Capt. Hermanta bahwa Medical Check Up (MCU) sangat diperlukan. Apalagi dalam masa pandemi covid-19 seperti ini, hampir semua perusahaan pelayaran yang akan merekrut atau mempekerjakan para pelaut di kapal, Medical Check Up (MCU) sangat dibutuhkan agar dapat mengetahui kondisi kesehatan pelaut yang benar-benar siap untuk bisa bekerja dengan baik sesuai protokol kesehatan.

 

Lebih jauh Capt Hermanta mengatakan, pemanfaatan Sistem Informasi di bidang kesehatan seperti yang dilakukan oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) diharapkan akan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat khususnya para pelaut dan stakehoder terkait. Salah satu manfaat tersebut adalah mudahnya informasi yang bisa diperoleh masyarakat, pelaut dan stakeholder terkait layanan yang ada di Klinik Utama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran ini.

 

“Dengan demikian melalui Aplikasi BKKP Mobile ini, ke depan  pelayanan kesehatan oleh BKKP khususnya dalam memberikan kemudahan pendaftaran bagi para pelaut dan stakeholder lainnya yang akan melakukan Medical Check Up (MCU) pada Klinik Utama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran,” kata Capt Hermanta.

 

Terkait dengan hal tersebut, Capt. Hermanta meminta agar “Aplikasi BKKP Mobile” yang telah dibangun BKKP ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para Pelaut dan stakeholder terkait bagi pelayanan kesehatan khususnya dalam pendaftaran Medical Check Up (MCU).

 

Sementara itu, Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), dr Hesti Ekawati dalam laporannya mengatakan bahwa penerapan “Aplikasi BKKP Mobile” merupakan upaya yang dilakukan guna meningkatkan  Pelayanan terhadap masyarakat khususnya bagi para pelaut dan stakeholder,  yang dalam ini adalah peningkatan pelayanan terhadap MCU Pelaut yang cepat dan efektif.

 

“Melalui Aplikasi BKKP Mobile ini, akan memberikan kemudahan  Informasi kepada masyarakat, pelaut dan stakeholder terkait dalam menerima layanan kesehatan yang ada di Klinik Utama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran,” tutup dr Hesti.

 

(Abu Bakar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here