KSOP Marunda, Operator Pelabuhan dan Pengguna Jasa Siap Terapkan Layanan Sistem Inaportnet - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Marunda, Operator Pelabuhan dan Pengguna Jasa Siap  Terapkan Layanan Sistem Inaportnet

KSOP Marunda, Operator Pelabuhan dan Pengguna Jasa Siap Terapkan Layanan Sistem Inaportnet

Share This

 




 

Jakarta (wartalogistik.com) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,  sudah siap untuk menerapkan layanan berbasis aplikasi Inaportnet tahun 2020.

 

Rencana tahun ini akan ada  19 KSOP dan 2 UPP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) yang akan menerapkan sistem tersebut, mengikuti 33 Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) lainnya yang sudah menerapkan terlebih dahulu.

 

Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Iwan Soemantri mengatakan, persiapan perangkat atau sarana dan membentuk kahlian pegawai untuk penerapan layanan Inaportnet sudah berlangsung sejak awal tahun 2020. Bahkan kegiatan dengan sistem online pun sudah dilakukan selama ini, seperti layanan pembuatan dan perpanjangan buku pelaut, pengajuan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan sejumlah layanan lainnya.

 

“Selama ini sudah berlangsung persiapan  sarananya maupun pelatihan pada sumber daya manusianya yang akan mengoperasikan sistem Inaportnet. Bersamaan dengan itu juga sudah kami sosialisasikan dan terus menerus melakukan sinkronisasi  pada pengelola pelabuhan maupun pengguna jasa,” ungkap Iwan Soemantri, di Jakarta, Senin (9/11).

 

Mendekati waktu penerapannya, tambah Iwan Soemantri kegiatan sosialisasi dan sinkronisasi yang melibatkan semua pihak terkait juga dilakukan.  Puncaknya kegiatan sosialisasi berlangsung pada  4 – 5 Nopember 2020, kegiatan yang menyertakan pihak dari  Ditjen Perhubungan Laut dengan pengelola pelabuhan, para pengguna jasa, seperti pengusaha pelayaran, keagenan pelayaran, bongkar muat. Sosialisiasi berlangsung bersama dengan KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu di Kantor Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Iwan Soemantri menyatakan dengan adanya inaportnet ini akan akan semakin meningkatan kualitas pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien.

 

“ Setelah ditetapkan menerapkan sistem inaportnet, maka kegiatan pelayanan di KSOP Marunda berlangsung secara online pada  pengguna jasa yang sudah terkoneksi,” ungkapnya.

 

Untuk itu, tambah Iwan pengguna jasa di pelabuhan Marunda harus mengikuti  sistem yang akan diterapkan di KSOP Sunda Kelapa.

 

“Dan para pengguna jasa di Pelabuhan Marunda selama ini sudah hampir seluruhnya yang mengikuti sistem inaportnet, karena sudah lama kami saling berkordinasi untuk mengikuti sistem inaportnet yang akan diterapkan. Dan, hal itu bisa terlihat dari sosialisisasi yang berlangsung  belum lama ini (4-5 Nopember)  dengan menghadirkan seluruh pengguna jasa, dan berjalan dengan baik,” ungkap Iwan Soemantri.

 

 (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here