Persiapan Selesai, National Marpolex 2020 Siap Digelar - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Persiapan Selesai, National Marpolex 2020 Siap Digelar

Persiapan Selesai, National Marpolex 2020 Siap Digelar

Share This


Lampung  (wartalogistik.com) - Seluruh rangkaian persiapan kegiatan Latihan Penanggulangan Pencemaran di Laut atau National  Marine Pollution Exercise ( National Marpolex ) 2020 di Lampung pada Sabtu dan Minggu (28-29/11) berupa kegiatan  table top exercise atau latihan di dalam ruangan, survey lokasi perairan yang menjadi lokasi kapal-kapal latihan bersama dan gladi resik berlangsung lancar.



Latihan National Marpolex 2020 Lampung di laut akan berlangsung pada Senin (30/11).


Kegiatan gladi resik berlangsung pada Minggu sore (29/11) di dermaga Pelabuhan Panjang. Hadir dalam gladi resik itu Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Andi Hartono dan seluruh peserta latihan dari Ditjen Hubla maupun berbagai instansi lainnya.


Hadir juga pada latihan gladi resik, Kepala KSOP Kelas I Panjang, Yefri Meidison, General Manajer Pelabuhan Panjang, Sugiri dan Kepala Pangkalan PLP dari berbagai daerah.


Kegiatan gladi resik yang berlangsung sekitar pukul 15.30.00 WIB sempat tertunda karena hujan. Dan berlanjut sekitar pukul 17. 00 WIB sampai selesai.


Selama persiapan kegiatan juga menggunakan protokol kesehatan Covid -19. 


Sebelumnya pada hari itu juga pukul 09.00 WIB juga dilakukan survey lokasi perairan. Survey dilakukan oleh panita acara. 


Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto M. Mar didampingi Kepala Seksi Operasi Pangkalan PLP Tanjung Priok.  Capt. Alamin Husen M. Mar. usai survey menyatakan, lokasi latihan sudah siap untuk pergerakan kapal-kapal yang melakukan latihan Marpolex. 


" Lokasi latihan juga sudah diinfokan oleh Stasiun VTS Panjang kepada kapal-kapal untuk tidak melintasi perairan yang  digunakan latihan," ungkap Capt. Pujo Kurnianto M. Mar.


Kegiatan latihan  meliputi pemasangan oil boom pada perairan dimana ada kapal yang mengalami kebocoran sehingga ada tumpahan minyak. Nantinya juga ada kapal yang datang melakukan evaluasi korban kecelakaan dan ada kapal lainnya yang melakukan penyemprotan pada kapal dalam latihan pemadaman kapal  


Kegiatan   Table Top Exercise berlangsung pada Minggu (28/11) di Hotel Novotel, Lampung. Kegiatannya berupa latihan komunikasi semua unsur peserta latihan.  Kegiatan latihan di ruang dibuka Kepala Subdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Direktorat KPLP, selaku Direktur Latihan , Een Nuraini Saidah,  didampingi Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok  Capt. Pujo Kurnianto M. Mar, dan Kepala Tata Usaha KSOP Panjang selaku Master  Comander, Hary Bowo.


Latihan komunikasi dilakukan dengan menguji coba kegiatan  komunikasi semua unsur terkait latihan. Pada uji coba latihan komunikasi arahnya untuk mempersiapkan diri semua unsur latihan pada kemampuan komunikasi dilengkapi dengan bahasa operasi dan menguji kesiapan peralatan serta jaringan komunikasi yang digunakan.


Direktur Latihan  Table Top Exercise,  Marpolex 2020 di Lampung, Een Nuraini Saidah menyatakan, semua unsur peserta Marpolex 2020 hadir mengikuti jalannya Table Top Exercise. Kegiatan latihan menggunakan skenario latihan sesungguhnya di laut yang dilengkapi dengan standar latihan penanggulangan musibah dan penanggulangan tumpahan minyak.


" Kegiatan latihan  Table Top Exercise ini merupakan bagian dari kegiatan latihan Marpolex. Kegiatannya meliputi komunikasi atas skenario latihan sesungguhnya di laut oleh semua unsur peserta. Latihan berlangsung maksimal dan tuntas serta berjalan lancar," ungkap Een Nuraini Saidah  seusai table top, Sabtu ( 28/11).


Selain itu juga Een Nuraini menyatakan, selain kelancaran komunikasi, latihan di dalam ruangan  juga untuk menjalankan SOP, membangun kordinasi atas semua unsur peserta, sehingga dalam satu kegiatan peran masing-masing dalam latihan di laut akan berjalan dengan baik.


" Sesungguhnya kegiatan komunikasi radio dari petugas kapal patroli ke posko dan dengan instansi mitra biasa berlangsung dalam kegiatan tugas  sesungguhnya, sehingga ketika dilakukan latihan berlangsung lancar. Pada latihan diharapkan agar apa yang selama dilakukan semakin baik dan terkordinasikan, " ungkap Een Nuraini.


Een Nuraini Saidah juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menguji coba dan mengevaluasi prosedur kegiatan, sehingga pada saat latihan di laut   akan dilakukan dalam bentuk  menanggulangi tumpahan minyak bisa berjalan dengan baik.

 

Dalam sesi latihan di dalam ruang ini kegiatan komunikasi dimulai dari unsur  VTS Panjang yang menerima informasi dari kapal MT. SS yang berlayar dari perairan Australia melewati jalur TSS Selat Sunda. Kapal MT. SS mengalami kerusakan mesin dan hanyut mengarah ke Pelabuhan Panjang. Pada saat itu juga ada kapal MT Pertamina sehingga terjadi tubrukan dan mengakibatkan  kebocoran pada bagian lambung sehingga ada tumpahan minyak ke laut. ABK MT. Pertamina juga ada yang tercebur ke laut. Dari peristiwa itu berlanjut  pada proses komunikasi untuk menanggulangi mesibah kecelakaan tersebut.


Table Top Exercise  juga untuk melatih personil dalam perencanaan, komando dan pengendalian dalam satu operasi integrasi, serta mendorong partisipasi dan keterlibatan stakeholder dari pengusahaan minyak, perusahaan pelayaran, pengelola tersus/tuks dan kegiatan lain di perairan dalam usaha bersama mengontrol dan menanggulangi tumpahan minyak di laut.


Sebelum Table Top Exercise  dilakukan penyusunan rencana operasi dan rencana latihan, penyusunan jaring komunikasi, latihan komunikasi yang berlangsung pada tanggal 26 - 27 Nopember 2020. 


Adapun peserta  National Marpolex 2020 Lampung ini berjumlah 30 orang, yang terdiri dari perwakilan dari SKK Migas, Polair Polda Lampung, Kantor SAR Lampung, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala BMKG Maritim Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Pangkalan TNI AL, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Bitung, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tual,  Kantor VTS Panjang , VP. Marine PT. Pertamina (Persero), HSSE PT. Pertamina (Persero), PT. Pertamina (Persero) Cabang Panjang, PT. Pelindo II (Persero) Cabang Panjang, Pimpinan Tersus/TUKS Wilayah Panjang dan Seluruh Unsur National Marpolex 2020.


( Abu Bakar )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here