KSOP Marunda Serahkan Pas Kecil dan Jaket Pelampung Pada Nelayan Jembatan Cinta Taruma Jaya - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Marunda Serahkan Pas Kecil dan Jaket Pelampung  Pada Nelayan Jembatan Cinta Taruma Jaya

KSOP Marunda Serahkan Pas Kecil dan Jaket Pelampung Pada Nelayan Jembatan Cinta Taruma Jaya

Share This

 






Jakarta (wartalogistik.com) - Kantor Kesyahbandaran  dan Otoritas Pelabuhan  (KSOP)  Kelas IV Marunda buat gebrakan setelah mendapat pelimpahan kewenangan untuk membina Wilayah Kerja  Muara Tawar,  melalui kegiatan penyerahan Pas Kecil sebanyak  20 sertifikat kepada para nelayan perahu wisata atau kapal tradisional dibawah 7 GT dan jaket pelampung.

 

 

Penyerahan sertifikat Pas Kecil dilakukan Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari M. Mar, bersama Kepala Markas Unit Patroli , Pal Jaya, Ditpolairud, Polda Metro Kaya, Iptu Heri Diato PW   kepada para nelayan di Kantor Markas Unit Patroli Pal  Jaya, Ditpolairud, Polda Metro Kaya, di Kecamatan Tarumajaya, Bekasi, Rabu (16/12).

 

 

Capt. Isa Amsyari menyatakan Pas Kecil merupakan sertifikat yang wajib atau harus dimiliki para nelayan atau operator kapal tradisional di bawah 7 GT. Pihak KSOP Marunda memberikan Pas Kecil ini karena desa Pal Jaya, yang merupakan kawasan wisata rakyat Jembatan Cinta. Dan, Jembatan Cinta masuk pada Wilayah Kerja Muara Tawar yang sekarang masuk dalam pembinaan KSOP Marunda sejak tanggal 14 Desember 2020.

 

“Untuk itu  kami langsung melakukan kegiatan ke masyarakat  sebagai bagian dari kehadiran pemeritnah di tengah-tengah masyarakat," ungkap Capt. Isa Amsyari didampingi petugas Status Hukum dan  Sertifikasi Kapal Jurema.

 

" Meski sudah ada Pas Kecil, namun para nelayan hendaknya tetap memperhatikan faktor keselamatan pelayaran, dengan membawa penumpang sesuai kapasitas angkut, menggunakan jaket pelampung, memperhatikan cuaca dan tidak mau dipaksa oleh penumpang untuk mengoperasikan kapal manakala keadaan berlayar tidak memungkinkan," pesan Capt. Isa.

 

Capt. Isa Amsyari juga menyatakan bahwa pemberian Pas Kecil akan terus berlanjut sampai seluruh nelayan di kawasan itu memilikinya. Selain itu juga akan dilakukan kegiatan pendidikan dan latihan untuk nelayan perahu wisata untuk mendapatkan SKK (Sertifikat Kecakapan Kepelautan)  30 Mil.

 

 

Kepala Markas Unit Patroli, Pal Jaya, Ditpolairud, Polda Metro Jaya, Iptu Heri Dianto PW yang selama ini melakukan pengawasan keselamatan di lokasi nelayan itu menyatakan,  mendukung atas kegiatan dari KSOP Marunda dalam membina keselamatan pelayaran. Karena dengan kehadran KSOP Marunda di desa Pal Jaya kegiatan kordinasi mengenai keselamatan pelayaran akan semakin dekat.

 

“Dengan begitu pembinaan pada masyarakat akan semakin meningkatkan dan diharapkan masyarakat semakin meningkat juga kesadarannya akan pentingnya keselamatan pelayaran,” ungkap Iptu Heri Dianto PW.

 

Atas penyerahan sertifikat Pas Kecil tersebut para nelayan menyatakan suka cita karena sebanyak 80 nelayan perahu wisata belum memiliki Pas Kecil. Apalagi baru-baru  ini di wilayahnya baru saja terjadi musibah pada perahu wisata yang terbalik dan memakan korban.

 

" Kami bersyukur atas pemberian Pas Kecil, karena selama ini belum ada yang memiliki pas kecil, padahal kami sangat menunggu adanya pemberian Pas Kecil," kata Wahyudin Ketua Kelompok Perahu Wisata Jembatan Cinta, Taruma Kaya, Bekasi, Wahyudin.

 

Wahyudin berharap pada masa mendatang,  nelayan kapal wisata yang belum mendapat Pas Kecil bisa juga mendapatkanya," kata Wahyudin

 

Turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan jaket pelampung dari PT Pelayaran Berluan Pulau Mandangin, PT pelayaran Tama Samudera Line, PT Pelayaran X – Pull Marine, PT Pelayaran Harapan Cipta Perkasa, PT Pelayaran  Samudera Biru

 

 

 

 

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here