Kapal Patroli KPLP KN Trisula Serahkan Hasil Temuan SAR - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kapal Patroli KPLP KN Trisula Serahkan Hasil Temuan SAR

Kapal Patroli KPLP KN Trisula Serahkan Hasil Temuan SAR

Share This




Jakarta (wartalogistik.com) - Salah satu kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yakni KN Trisula P-111 hari ini  Sabtu (16/1) melakukan prosesi serah terima objek hasil pencarian bagian dari pesawat dan tubuh korban dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 


Komandan Kapal KN Trisula P-111 Capt. Eko Surya menyebutkan objek temuan hasil pencarian berupa pakaian yang diduga merupakan milik penumpang pesawat.


“Pada hari ini tepatnya pukul 11.45 WIB kita menemukan beberapa potong baju kemungkinan itu dari korban Sriwijaya Air, kurang lebih berjumlah 7 (baju),” ujar Eko, di Dermaga JICT Priok, Sabtu (16/1).


Pencarian dilakukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat yaitu di dekat Pulau Laki dan Pulau Lancang Kepulauan Seribu.


Prosesi serah terima tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi V Sadarestuwati, Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Andi Hartono, Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko dan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Mugen Sartoto serta Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok Capt. Pujo Kurnianto dan juga Kepala Seksi Ops Pangkalan PLP Tanjung Priok, Alamin Husin M. Mar.


Hadir juga mewakili Direktur KPLP, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air Dit KPLP, Een Nuraini serta Kasubdit Sarana dan Prasarana Dit KPLP, Anwaruddin.


Kapal Trisula KPLP menyerahkan hasil temuan obyek pencarian berupa 7 potong pakaian daster korban ke Posko Terpadu JICT 2, Sabtu (16/1/2021) pukul 15.05 diterima SMC, Brigjen (TNI) Rasman MS.


Untuk selanjutnya, hasil temuan tersebut akan diserahkan kepada Tim DVI atau KNKT untuk proses lebih lanjut.


Dalam kesempatan serupa, Anggota DPR Komisi V Sadarestuwati mengapresiasi kinerja semua pihak yang telah bekerja keras melakukan evakuasi dan pencarian.


“Terimakasih juga kepada seluruh teman-teman dari Basarnas, dari perhubungan dan dari BMKG dan semuanya saja yang sudah bergerak bersama-sama untuk melakukan tugas kemanusiaan untuk melakukan kegiatan pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air,” ujarnya.


“Melihat kerja kawan-kawan semuanya tentunya kami dari komisi V pun akan berusaha membantu mitra kami karena kami sudah melihat dari dekat bagaimana kerja keras yang dilakukan ketika terjadi sebuah kecelakaan seperti ini,” ujarnya.


Selain itu, dia juga mengungkapkan harapannya agar semua pihak dapat memberikan dukungan untuk para personil maupun relawan yang saat ini tengah melakukan proses pencarian.


“Mari kita support (dukung) seluruh rekan-rekan kita yang sedang bertugas agar bisa melaksanakannya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.


Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendoakan seluruh korban beserta keluarga yang ditinggalkan agar diberi kesabaran dan keikhlasan.


Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan 8 kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang dilaporkan hilang kontak, Sabtu (9/1/2021).


Kedelapan kapal tersebut 5 unit diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok dan Kapal Patroli KSOP Sunda Kelapa juga disiagakan.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here